0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penyelewengan Dana BPSK, Kejari Gencar Periksa Saksi

Palantikan BPSK di Balaikota Surakarta, Mei 2011 silam (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Penyelewengan dana proyek renovasi Kantor Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Solo 2013 disinyalir telah terjadi sejak sebelum bergulirnya kasus ini diproses secara hukum. Dugaan ini muncul dari jenis pekerjaan item tak sesuai dengan kontrak dibuat. Kejaksaan Negeri (Kejari) Solo pun terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi guna mengungkap kasus pelanggaran dana.

Pelanggaran ini sendiri telah diselesaikan pihak pelaksana pekerjaan dengan cara selisih dana dikembaikan ke kas daerah. Kepala Seksi Pidana Khusus (Kasipidsus) Kejari Solo, Erfan Suprapto, saat ditemui wartawan mengaku mengetahui temuan itu. Namun, dirinya masih enggan membeberkan pelanggaran terjadi pada pekerjaan apa.

Erfan Suprapto hanya menyebut selisih dana dikembalikan tidak terlalu banyak. Menurut dia, adanya temuan itu mengarah kuat pada penyimpangan. Tidak menutup kemungkinan ada pekerjaan lain juga mengalami hal serupa.

“Itu baru pelanggaran salah satu pekerjaan. Bisa saja ada pekerjaan lain yang juga seperti itu. Makanya kami terus mengumpulkan data dan keterangan untuk memperjelas semuanya,” terang Erfan baru-baru ini.

Adapun guna mengungkap kasus pelanggaran dana, pihak Kejari Kota Solo terus melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pihak. Terakhir, pihak Kejari melakukan pemeriksaan terhadap empat orang dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Disperindag.

Mereka adalah Lulu Supriyanto, Sofyan Eko Cahyono selaku direksi lapangan dari DPU. Sedangkan dua lainnya dari Disperindag, yakni Diniah Damayanti selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) dan Mei Andriyanto, selaku Pejabat Penatausahaan Keuangan (PPK) melaksanakan pengadaan barang 2014. Lulu dan Sofyan diperiksa petugas dari Seksi Intelijen sedangkan Diniah dan Mei diperiksa petugas Seksi Pidsus.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge