0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pahlawan Tak Hanya Tokoh atau Figur

Salah seorang pengunjung CFD melihat poster bertema pahlawan yang dipajang mahasiswa DKV ISI Solo (Dok. Timlo.net/Daryono)

Solo – Pahlawan tidak hanya figur atau tokoh diabadikan dan ditetapkan oleh pemerintah. Pahlawan juga hadir dalam kehidupan kita sehar-hari.

Itulah pesan ingin disampaikan puluhan mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, saat menggelar aksi memeringati Hari Pahlawan di area car free day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Minggu (9/11).

Mahasiswa memajang 30 poster berukuran 60 cm x 90 cm hasil karya mereka bertemakan pahlawan dan nasionalisme di depan Graha Wisata Niaga. Ada poster bergambar Bung Tomo, Ir Soekarno dan beberapa poster lainnya, meskipun bukan bergambar pahlawan.

Kepala Program Studi DKV, Basnendar, mengatakan selain memajang poster bertema pahlawan, pihaknya juga melakukan aksi untuk masyarakat berupa pengumpulan tanda tangan dan penulisan pesan kepahlawanan. Selain itu ada pula penampilan perkusi massal.

“Intinya pahlawan tidak harus figur atau tokoh. Ada pahlawan di sekitar kehidupan kita,” katanya kepada wartawan di sela acara.

Namun begitu, menurut Basnendar, jasa pahlawan harus tetap dikenang setiap tahun. Cara mengenang pun bisa dengan berbagai macam media sesuai kemampuan masyarakat.

“Kalau kami di DKV ya dengan poster. Di CFD ini kan ribuan masyarakat, jadi kami mengingatkan mereka tentang pahlawan,” ujarnya.

Salah seorang mahasiswa DKV, Vicky Tito Guizar (19), mengatakan dirinya membuat poster bukan tokoh pahlawan. Namun, poster dibuatnya tetap bertemakan kepahlawanan.

“Poster saya ini tentang tokoh imajinasi yang keluar dari kotak kurungan menuju kebebasan. Saat ini masih ada dendam yang belum terbalas. Pahlawan masih dendam dengan penjajah karena kita tahu saat ini belum merdeka. Kita membalasakan dendam pahlawan itu dengan berkarya dan kreativitas,” terang mahasiswa semester I ini.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge