0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rumah Janda Tua Ambruk Diterjang Puting Beliung

Sejumlah warga sedang membersihkan sisa-sisa bangunan yang roboh karena amukan puting beliung. (dok.timlo.nt/agung)

Wonogiri — Hujan kali pertama turun di wilayah Wonogiri, khususnya di Kecamatan Manyaran membawa musibah. Hujan deras disertai angin puting beliung menerjang rumah seorang janda tua hingga ambruk, Sabtu (8/11).

Rumah Kasiyem (60), warga Dusun Gembuk Desa/Kecamatan Manyaran luluh lantak setelah diterjang angin puting beliung di awal musim penghujan ini. Beruntung, janda tua dengan empat cucu itu dapat menyelamatkan diri.

Kepala Pelaksana Harian Badan Pena‎nggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri, Ainur Ridho, mengatakan hujan di Dusun Gembuk tak begitu lama, namun angin bertiup cukup kencang.

“Kondisi rumah Mbah Kasiyem sudah using, jadi tidak kuat menahan hembusan angin kencang. Tak ayal, rumah pun ambruk seketika,” katanya.

Terpisah, Camat Manyaran, ATB Hermawan menambahkan, Kasiyem dan anak cucunya berhasil keluar sesaat sebelum rumah mereka ambruk. Diduga kuat rumah Mbah Kasiyem ambruk lantaran kondisi bangunannya sudah lapuk di makan usia.

“Rumah Mbah Kasiyem terbuat dari kayu dan dindingnyapun dari gedhek (anyaman bambu), mungkin juga karena sudah lapuk. Begitu dihantam angin kencang rumah itu langsung roboh,” ungkapnya.

Baik pihak BPBD maupun pihak Kecamatan Manyaran, hari ini menggerakkan warga untuk kerja bakti. Rencananya rumah Mbah Kasiyem dibangun lagi. Sementara itu, Mbah Kasiyem bersama empat cucunya kini mengengungsi di rumah kerabat. BPBD Wonogiri pun sudah mengirimkan bantuan logistik.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge