0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Teater Dong Ikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional

Teater Dong SMA Negeri 7 Solo berhasil lolos ke Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), 11 Januari 2015 mendatang di Semarang (Dok. Timlo.net/Heru Murdhani)

Solo – Teater Dong SMA Negeri 7 Solo berhasil lolos ke Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), 11 Januari 2015 mendatang di Semarang. Keberhasilan tim dari Teater Dong diraih setelah menyingkirkan puluhan kelompok teater SMA dalam seleksi FLS2N digelar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Sabtu (8/11).

Dalam seleksi bertema pembangunan manusia Indonesia berkarakter itu, Teater Dong menyajikan pementasan berjudul Anoman. Repertoar 15 menit itu menceritakan konflik batin seorang anak mencintai karakter Anoman, namun mendapat tentangan dari orang tua.

Sutradara pementasan, Didik Panji, mengungkapkan pertunjukan ini berisi sindiran kepada masyarakat di mana menganggap wayang sebagai warisan budaya sudah saatnya ditinggalkan. Anak menyukai wayang dianggap kuno dan hanya membuang waktu saja.

“Banyak orang tua yang beranggapan buku pelajaran lebih penting daripada kebudayaan, padahal anggapan itu adalah anggapan yang salah. Banyak yang bisa dipelajari dari kebudayaan kita, salah satunya adalah wayang,” katanya.

Ditemui di Teater Arena Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT), salah satu juri seleksi, Jarot Darsono, mengatakan dalam seleksi itu diambil tiga terbaik tanpa peringkat. Ia mengatakan perkembangan teater pelajar di Kota Solo menunjukkan perkembangan menggembirakan.

“Banyak penyajian yang bagus, ini sangat menggembirakan, namun sayangnya hanya bisa diambil tiga terbaik tanpa peringkat dan hanya satu yang lolos ke tingkat provinsi,” kata dia.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge