0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Museum Radya Pustaka Gelar Jamasan Pusaka

Museum Radya Pustaka Solo menggelar upacara jamasan pusaka, Sabtu (8/11). Ritual ini merupakan tradisi Jawa untuk membersihkan benda-benda dianggap keramat (Dok. Timllo.net/Heru Murdhani)

Solo – Museum Radya Pustaka Solo menggelar upacara jamasan pusaka, Sabtu (8/11). Ritual ini merupakan tradisi Jawa untuk membersihkan benda-benda dianggap keramat. Beberapa pusaka berupa keris dan tombak koleksi museum dikeluarkan dan dijamas (dicuci).

Upacara ini tergolong unik karena menyertakan pernak-pernik. Sebelum jamasan dimulai, terlebih dulu diadakan umbul donga untuk memohon keselamatan dari Yang Maha Kuasa. Selanjutnya pusaka-pusaka itu dikeluarkan dari rangka pembungkusnya, kemudian dicuci.

Pencuciannya tidak sembarangan, pusaka itu dicuci menggunakan air kembang liman, terdiri dari lima macam bunga, yakni mawar merah, mawar putih, kenanga, kantil dan melati. Seusai dibersihkan dari debu, tosan aji diangkat kembali, kemudian digosok dengan jeruk nipis. Fungsinya adalah supaya karat menempel pada pusaka bisa terkelupas. Selanjutnya benda pusaka itu diolesi minyak wangi khusus, kemudian dikembalikan lagi ke dalam rangkanya.

Salah satu panitia Jamasan Pusaka Radya Pustaka, ST Wiyono, mengungkapkan jamasan ini merupakan tradisi ratusan tahun. Hanya kali ini jamasan pusaka dilakukan bertepatan dengan ulang tahun ke-124 Museum Radya Pustaka.

“Sebenarnya setiap tahun museum mengadakan jamasan, namun tahun ini kami lakukan bertepatan dengan pencanangan Sura (Muharam) sebagai Bulan Kebudayaan. Selain itu jamasan ini juga bertepatan dengan ulang tahun museum yang jatuh bulan ini,” katanya.

ST Wiyono melanjutkan, selain jamasan masih ada rangkaian acara digelar hingga 23 November 2014 mendatang. Di antaranya pameran foto, pembacaan geguritan dan tembang macapat, pembacaan dongeng kampung Solo, workshop gamelan, workshop songsong, workshop keris, dan masih banyak lagi.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge