0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Khawatir Mudah Tumbang, Walikota Minta DKP Pangkasi Pohon

ilustrasi Pohon tumbang (dok.timlo.net/ Dhefi Nugroho)

Solo – Walikota Solo, FX Hadi Rudayatmo memerintahkan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Solo untuk segera memangkas ranting pohon yang dikhawatirkan bisa tumbang terkena angin. Hal itu perlu diwaspadai, lantaran di Kota Solo menjadi langganan hujan lebat yang disertai dengan angin kencang.

“Sudah saya perintahkan kepada dinas terkait untuk segera melakukan perampingan pohon dan ranting yang rawan patah atau tumbang jika hujan datang,” ungkap Rudy saat ditemui wartawan, Sabtu (8/11).

Lebih lanjut pihaknya juga mengimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk tidak melukai pohon dengan mencantolkan kawat, maupun memaku pohon. Hal itu akan menyebabkan pohon cepat lapuk bagian batangnya.

“Kemarin itu waktu mider praja kan kami sudah melakukan pembersihan dan pencabutan paku dari pohon-pohon, ini salah satu bentuk usaha untuk menjaga agar pohon itu tidak cepat lapuk. Kalau lapuk ya segera di potong saja, karena musim hujan biasanya disertai dengan angin besar,” katanya.

Terpisah Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Solo Hasta Gunawan mengaku sudah melaksanakan perampingan pohon secara rutin. Ia mengklaim pemangkasan pohon tidak hanya pada musim hujan saja.

Pihaknya juga mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan hal serupa, mengingat musim penghujan akan segera tiba.

“Perempingan pohon kami lakukan secara berkala dan tidak hanya waktu musim hujan saja. Tetapi untuk menghadapi musim hujan kali ini kami akan segera melakukan perampingan pohon ini, sesuai dengan arahan dari pak Walikota,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge