0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Besok, Wonogiri Gelar Jamasan Pusaka

Acara jamasan pusaka di Sendang Asri, WGM Wonogiri (dok.timlo.net/aris/ist)

Wonogiri – Pemkab Wonogiri menggelar Jamasan Pusaka peninggalan KGPPH Mangkunegara I, Minggu (9/11) besok. Pusaka diambil dari sejumlah lokasi yang tersimpan di beberapa wilayah di Wonogiri.

Ritual jamasan pusaka dikonsentrasikan di Obyek Wisata Sendang Asri (OWSA) Waduk Gajah Mungkur (WGM). Pusaka yang diambil dari 4 titik, yakni Kecamatan Selogiri, Wonogiri, Girimarto dan Slogohimo, akan dijamasi atau dibersihkan.

Salah satu pusaka peninggalan Pangeran Sambernyawa atau Mangkunegara I ada di Kecamatan Selogiri. Terdapat 3 jenis pusaka, masing-masing Keris Kyai Korowelang,Tombak Kyai Totog,dan Kyai Jolodoro.

Ketiganya disimpan di Tugu Pusaka Kecamatan Selogiri. Camat Selogiri Bambang Haryanto saat dikonfirmasi Timlo.net mengatakan, sebelum pengambilan pusaka, malam sebelumnya dilakukan sebuah prosesi ritual.

“Rencananya nanti malam kita akan lakukan ritual penurunan pusaka,kemudian dilanjutkan acara kirab pusaka dari Tugu Pusaka menuju Pendapa Kecamatan Selogiri,” ungkap Bambang Haryanto saat dikonfirmasi melalui telepon, Sabtu (8/10).

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge