0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

‘Anoman Obong’ Muda-mudi Semanggi Pukau Penonton

'Anoman Obong' Muda-mudi Semanggi Pukau Penonton (Timlo.net - Heru)

Solo – Kelompok tari Kridha Budaya tampilkan Anoman Obong di Open Stage Taman Balekambang, Jumat (7/11) malam. Repertoar setiap bulan tersebut berlangsung meriah dan sukses memikat hati para pengunjung yang memadati areal pertunjukan.

Ratusan orang yang datang menyaksikan pertunjukan dibuat berdecak kagum dengan kebolehan anak-anak kampung semanggi, kecamatan Pasar Kliwon ini. Sesekali penonton dibuat tertawa disertai tepuk tangan menyaksikan gerakan-gerakan atraktif yang dipertontonkan serombongan penari cilik yang terlihat lucu dan menggemaskan.

Salam pementasan kali ini sanggar pimpinan Wahyudi Widodo ini menyajikan cerita tentang kesetiaan Hanoman yang diutus untuk membawa pesan kepada Shinta. Sesampainya ditaman Asoka Anoman segera menyerahkan cicin milik Rama kepada Shinta.

Namun kedatangan Anoman tersebut diketahui oleh Indrajid dan prajuritnya, Anomanpun ditangkap dan dihukum bakar. Api membakar tali yang mengikat tubuh Anoman, setelah bebas, berkat kesaktiannya Anoman, tubuhnya tidak terbakar, sambil melayang-layang diudara, Anoman melemparkan bola-bola api kearah istana Alengka.

Pementasan berdurasi satu jam tersebut juga didukung oleh beberapa seniman muda jebolan perguruan tinggi seni kota Bengawan, serta Sekolah Menengah Karawitan Indonesia.

Ditemui usai pementasan, pelatih sekaligus pemeran Shinta dalam pertunjukan tersebut, Devvi Putri Esza mengungkapkan proses latihan pertunjukan kolosal ini selama 1 bulan. Dirinya juga mengungkapkan, pemerintah telah banyak memberikan fasilitas pertunjukan dibanyak sanggar-sanggar kesenian, sehingga memberi ruang berkreasi untuk anak-anak.

“Antusiasme anak-anak sanggar di Kridha Budaya ini cukup tinggi, sehingga tidak terlalu sulit untuk mengajari mereka. Selain itu banyaknya agenda-agenda kebudayaan di kota Solo bisa menghidupkan sanggar-sanggar dan menambah kreativitas” ungkapnya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge