0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan Grup Reog Ramaikan Festival Singo Barong

ilustrasi (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Solo – Sebanyak 25 grup Reog Ponorogo beradu kebolehan dalam festival Singo Barong yang diselenggarakan di halaman Balaikota Solo, Jumat (7/11) malam tadi. Agenda kota yang sudah memasuki tahun kedua ini digelar selama 2 hari.

“Acara ini adalah untuk menggairahkan kembali kesenian Reog Ponorogo yang hidup di Solo dan sekitarnya. Ini juga jadi ajang silaturahmi bagi kelompok-kelompok kesenian rakyat ini,” ungkap Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, ketika ditemui wartawan Sabtu (8/11) siang.

Pria yang akrab disapa Rudy tersebut juga mengatakan pentingnya acara-acara kebudayaan digelar oleh pemerintah kota. Hal itu dikatakan Rudy selain sebagai alat pertahanan budaya juga sebagai pembentukan karakter manusia Indonesia yang gotong royong.

“Ketahanan budaya ini adalah salah satu hal yang penting yang dipesankan Bung Karno kepada kita,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Eny Tyasni Suzana mengatakan, acara ini digelar sebagai kelanjutan dari Festival Singo Barong tahun kemarin. Eny berharap dengan adanya festival ini kelompok-kelompok klesenian semakin maju dan kreatif.

“Tahun depan jika memungkinkan akan kami gelar lebih luas lagi, tahun ini digelar hanya kelompok se Soloraya, kalau bisa tahun depan ditingkatkan menjadi se-Jawa Tengah,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge