0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sekali Berselingkuh akan Tetap Selingkuh?

Selingkuh (Dok: Timlo.net/ Google.)

Timlo.net — Sekali jadi tukang selingkuh akan selalu jadi tukang selingkuh? Tentunya pernyataan ini tidak selamanya benar, tapi sebuah penelitian baru mengkonfirmasi hal ini. Jika Anda mengakhiri hubungan Anda dari pacar atau pasangan karena “dicuri” orang lain (alias diajak berselingkuh) maka kemungkinan besar hubungan kalian ke depan akan bermasalah.

Penelitian tersebut, diterbitkan di Journal of Research in Personality, melihat data dari tiga penelitian terpisah. Yang menarik, para peneliti menemukan bahwa 75 persen pria dan wanita di Amerika Serikat (AS) melaporkan bahwa dalam satu waktu seseorang pernah mencoba “mencuri” mereka dari hubungan asmara yang mereka jalin atau menggoda mereka untuk berselingkuh dari pasangan mereka. Dan setengah dari para peserta ini melaporkan bahwa mereka memang akhirnya berselingkuh dari pasangan.

Proses “pencurian” atau “pembajakan” ini berasal dari one-night stand atau hal-hal lain. Tapi penelitian itu memperkirakan bahwa 63 persen pria dan 54 persen wanita akhirnya tergoda untuk berselingkuh saat menjalin hubungan jangka panjang. Intinya mereka memutuskan menjalin sebuah hubungan asmara jangka panjang baru sementara mereka masih menjalin hubungan asmara dengan pasangan mereka. Dan para peneliti membandingkan kehidupan asmara yang terjalin karena hasil perselingkuhan dengan hubungan asmara yang normal.

Tidak mengejutkan untuk menemukan bahwa mereka yang menjalin sebuah hubungan asmara dengan berselingkuh dari pacar atau pasangan mereka sebelumnya cenderung kurang berkomitmen, kurang puas dan kurang berinvestasi dengan hubungan baru mereka. Para tukang selingkuh ini mungkin dulu setia terhadap pasangan baru mereka, namun sekarang beranggapan untuk mencari pacar atau pasangan baru. Menganggap bahwa orang lain bisa menawarkan sesuatu yang lebih baik dan mulai terlibat dalam banyak perselingkuhan. Intinya karena mereka cenderung berpikir bahwa rumput tetangga lebih hijau dari rumput di rumah mereka, mereka akan terus berpikir demikian sekalipun sudah menjalin hubungan baru.

Kenapa hal ini terjadi? Menurut para peneliti, mereka yang meninggalkan pasangan atau pacar mereka karena tergoda untuk berselingkuh dengan orang lain biasanya memiliki beberapa kepribadian seperti narsisisme, tidak bisa berkata tidak, dan “avoidant attachment” (memiliki masalah dengan keintiman dan cenderung menjaga jarak secara emosional). Sifat-sifat ini jelas menandakan bahwa orang-orang yang bersangkutan akan memiliki masalah dalam hubungan asmara mereka. Jadi karena orang-orang yang tergoda untuk berselingkuh ini adalah orang-orang yang rapuh, mereka memiliki kecenderungan untuk mengulangi perselingkuhan dengan orang lain.

Tentunya selalu ada pengecualian. Tapi tentunya Anda perlu berpikir berkali-kali bila Anda ingin menjalin hubungan dengan orang yang sebenarnya sudah memiliki pacar atau pasangan. Karena hubungan asmara kalian bisa mengalami masalah kelak. Apakah mereka akan selingkuh lagi? Mungkin ya, mungkin tidak. Tapi tentunya Anda harus waspada bila dia memiliki kepribadian seperti yang disebutkan di atas.

Sumber: Women’s Health

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge