0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lactose Intolerance Kurangi Resiko Kanker

Susu. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Penderita lactose intolerance (intoleransi laktosa) memiliki resiko lebih rendah terkena kanker paru-paru, payudara dan ovarium. Kesimpulan ini berasal dari sebuah penelitian baru. Intolerasi laktosa adalah ketidakmampuan orang untuk mencerna laktosa, gula yang ditemukan pada susu dan beberapa produk susu lainnya.

“Kami menemukan bahwa orang-orang dengan lactose intolerance, yang umumnya mengkonsumsi susu dan produk susu lainnya dalam jumlah sedikit, memiliki resiko terkena kanker payudara, paru-paru dan ovarium yang lebih rendah,” kata Jianguang Ji, associate professor di Lund University di Swedia.

“Resiko kanker dikurangi bukan karena lactose intolerance, yang mengindikasikan bahwa perlindungan melawan kanker-kanker ini terkait dengan diet. Akan tetapi salah bila menyimpulkan bahwa susu adalah sebuah faktor resiko untuk kanker-kanker ini,” tambah Jianguang.

Para peneliti berusaha mengerti apakah konsumsi susu dan produk susu lainnya dalam jumlah kecil melindungi para penderita intolerasi laktosa dari kanker payudara dan ovarium.

Penelitian ini melibatkan 22.788 penderita lactose intolerance. Resiko kanker payudara, paru-paru dan ovarium pada para penderita lactose intolerance lebih kecil dibandingkan pada orang normal.

Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge