0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

MEA, Asmindo Targetkan Ekspor 5 Miliar Dolar

Silaturahmi Nasional Pelaku Industri Mebel dan Kerajinan Seluruh Indonesia di Gedung Graha Saba Buana, Jumat (7/11) (Dok. Timlo.net/Setyo)

Solo –Asosiasi Industri Permebelan dan Kerajinan Indonesia (Asmindo) menargetkan nilai ekspor mencapai 5 miliar dolar dalam perdagangan bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) 2015 mendatang.

Ketua Asmindo Komda Soloraya, Yanti Rukmana, saat ditemui di sela acara Silaturahmi Nasional Pelaku Industri Mebel dan Kerajinan Seluruh Indonesia di Gedung Graha Saba Buana, Jumat (7/11), mengatakan pihaknya cukup optimistis pelaku usaha mebel dalam negeri bisa menguasai pasar saat diberlakukannya MEA nanti.

“Periode saat ini kami baru mendapatkan 1,7 miliar dolar, namun ke depan kami mematok target menjadi 5 miliar Dolar. Selain pasar yang terbuka, melemahnya rupiah juga mendorong banyak pembeli dari luar negeri melirik barang dari Indonesia karena lebih murah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yanti Rukmana menuturkan, saat ini kendala industri permebelan dalam negeri selain persoalan organisasi adalah transportasi dan bahan baku.

“Sehingga ke depan kami berharap selain Asmindo dan AMKRI bisa saling menguatkan, dukungan dari pemerintah, baik pusat maupun daerah sangat diperlukan. Jangan sampai karena kurangnya koordinasi justru kita kalah dengan negara lain,” pungkasnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge