0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rudy: Tak Perlu Ada Semifinal Divisi Utama

Walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo (dok.timlo.net/aryo yusri atmaja)

Solo – Nasib sisa pertandingan Divisi Utama musim ini masih belum jelas semenjak kasus sepak bola gajah dilakukan PSS Sleman dan PSIS Semarang. Praktis PSSI dan Badan Liga belum segera menentukan seperti apa nasib di sisa pertandingan, di mana hingga saat ini masih menempatkan Martapura FC di babak semifinal.

Tiga slot untuk tim semifinalis lainnya belum segera ditentukan. PSS maupun PSIS sebenarnya sudah masuk ke semifinal harus didiskualifikasi karena pertunjukan sepak bola gajah. Sementara satu slot masih diperebutkan Pusamania Borneo FC dan Persis Solo. Laga kedua tim hingga kini juga belum jelas kapan diulang.

Ketua Umum Persis Solo, Hadi Rudyatmo menyetujui usulan meniadakan laga semifinal. Artinya, menurut Rudy, laga antara Borneo FC dan Persis Solo seolah adalah semifinal. Pemenang duel ulangan melawan Pusamania Borneo FC langsung bertemu Martapura FC di partai puncak Divisi Utama, sekaligus menggenggam tiket promosi Liga Super Indonesia (ISL), musim depan.

“Ide dan usulan tersebut saya kira cukup masuk akal, mengingat dari sisi finansial juga menghemat pengeluaran karena hanya bertanding sekali,” katanya, Jumat (7/11).

“Setidaknya Jateng (Jawa Tengah) masih mempunyai kans besar untuk lolos setelah PSIS Semarang didiskualifikasi. Harus menjadi pertimbangan PSSI maupun operator liga karena Jateng mempunyai venue yang lebih baik, namun tak punya wakil,” tambah pria akrab disapa Rudy ini.

Sementara itu, Manajer Persis Solo, Totok Supriyanto, mengatakan alangkah lebih baik bila laga semifinal dihilangkan karena status kompetisi memang force majour. Diakuinya, dua tim dari sesama grup di PSS dan PSIS juga dalam status bermasalah, yakni Persiwa dan PSGC sama-sama pernah mengalami kalah walk out.

“Setelah PSS (Sleman) dan PSIS (Semarang) didiskualifikasi, sementara PSGC Ciamis dan Persiwa Wamena juga tidak memenuhi syarat karena pernah kalah walk out, praktis sudah tidak ada peserta lain yang memenuhi syarat,” tandas Totok.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge