0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jumat Kliwon di Bulan Sura

Warga Dlimas Ceper Gelar Bersih Desa

Berbagai makanan tersaji di bersih desa Dlimas, Ceper, Klaten (Dok. Timlo.net/Aditya)

Klaten – Ratusan warga berbondong-bondong mengikuti tradisi upacara Bersih Desa di pelataran bangsal Tanjungsari, Desa Dlimas, Ceper, Klaten, Jumat (7/11).

Kepala Desa (Kades) Dlimas, Giyatmo, mengungkapkan tradisi turun-temurun digelar di tengah pelataran bangsal Tanjungsari diselenggarakan setelah tanggal delapan, setiap Jumat Wage atau Jumat Kliwon dalam penanggalan Jawa di Bulan Sura.

“Tahun ini jatuh pada Jumat Kliwon. Prosesinya biasa berlangsung selama beberapa hari, dari mulai kerja bakti bersih lingkungan, nadaran, midodareni hingga puncak acara berisi kembul bujana atau bersantap bersama,” ungkapnya kepada Timlo.net, Jumat (7/11).

Giyatmo menambahkan, untuk kembul bujana biasanya setiap kepala keluarga (KK) menyiapkan berbagai uba rampe seperti ingkung ayam, lauk-pauk komplit, berbagai macam kue dan aneka buah dihias sedemikian rupa untuk dibawa ke bangsal Tanjungsari.

“Warga membawa sesaji atau uba rampe untuk disantap bersama dan dibagikan kepada para pengunjung yang datang. Harapannya warga dapat terbebas dari pagebluk atau penyakit, sekaligus nguri-nguri (melestarikan-red) kebudayaan Jawa,” tambah dia.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge