0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ultah, Museum Radya Pustaka Gelar Kirab Ageng

Kirab Ageng Museum Radya Pustaka digelar Jumat (7/11) sore. Kirab ini merupakan bagian dari peringatan ulang tahun (Ultah) museum ke-124 tahun (Dok. Timlo.net/Heru Murdhani)

Solo – Kirab Ageng Museum Radya Pustaka digelar Jumat (7/11) sore. Kirab ini merupakan bagian dari peringatan ulang tahun (Ultah) museum ke-124 tahun. Menempuh jarak kurang lebih dua kilometer, kirab menunjukkan keagungan pusaka koleksi museum disambut meriah warga Solo.

Kirab diawali repertoar tari di halaman museum, selanjutnya rombongan peserta kirab, dalam hal ini prajurit keraton dan pembawa sonya ruri (perapian dupa) tampak mulai keluar dari dalam museum. Selanjutnya ada barisan gamelan corobale, Songsong Kreatif dan Red Batik, kelompok Dewi Sri, prajurit Jaga Tirta PDAM, Reksa Raharja (Dinas Pasar), Reksa Praja (Satpol PP) dan pasukan Kelompok Sadar Wisata melengkapi rombongan arak-arakan.

Tak ketinggalan, enam pusaka berbentuk tombak menjadi koleksi Museum Radya Pustaka juga dikeluarkan dan diikutsertakan dalam kirab kali pertama diadakan Komite Museum Radya Pustaka ini.

Salah seorang panitia kirab, ST Wiyono, mengungkapkan kirab ini merupakan bagian dari pencanangan Sura (Muharam) sebagai bulan kebudayaan. Pencanangan ini dimulai dari 2014 dan menggelar acara sebulan penuh berpusat di museum.

“Kegiatan ini menjadi bagian dari pencanangan Sura Bulan Kebudayaan yang diadakan selama satu bulan dan berakhir 23 November 2014 mendatang,” ujarnya.

Sura Bulan Kebudayaan digagas komunitas seniman dan budayawan bersama Komite Museum Radya Pustaka, Mitra Museum Community, Mataya & Heritage serta didukung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge