0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rokok Bodong Tak Ditemukan di Karanganyar

Rokok bodong yang ditemukan Satpol PP beberapa saat lalu (Dok. Timlo.net/Nanang Rahadian)

Karanganyar – Tim gabungan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah beserta Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Diperindagkop) dan UMKM Karanganyar tak menemukan keberadaan rokok berkategori ilegal maupun bercukai palsu di Pasar Tegalgede Karanganyar, Jumat (7/11). Meski nihil, keberadaan rokok bodong terus dipantau melalui operasi rutin tiap tiga bulan sekali.

Kasi Bimbingan Usaha Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Diperindagkop) dan UMKM Karanganyar, Widyi Suparmanto, mengatakan meski tidak ada informasi terkait keberadaan rokok palsu, pihaknya sengaja menggelar rutin operasi demi upaya perlindungan konsumen dan menghambat peredaran di pasar.

“Dalam Sidak (inspeksi mendadak) kali ini ternyata masih tidak ditemukan rokok-rokok yang diperkirakan masuk kategori ilegal maupun cukai palsu. Ini memang rutin kami lakukan setiap tri wulan secara acak. Kalau ditemukan segera kami laporkan kepada pimpinan,” ungkapnya kepada wartawan, usai melakukan Sidak.

Dikatakan Widyi Suparmanto, kini para pedagang mulai sadar hukum dan paham bahwa dagangan semacam itu sudah tidak diminati lagi. Terlebih selalu ada pengecekan secara khusus dari dinas terkait.

“Sebelumnya sulit untuk melakukan pelacakan, terkadang produsen punya cara untuk mengakali. Namun, selama ini belum sampai kami temukan lagi produsen rokok bodong tersebut,” ujar dia.

Namun demikian, apabila dalam inspeksi selanjutnya didapati temuan adanya rokok bermasalah, pihaknya siap melakukan langkah penertiban peredaran.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge