0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pokdarwis Jebres Pentaskan Perang Telik Sandi

Umbul dongan ziarah ke makam Ki Demang Jebres (dok.timlo.net/ist)

Solo — Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kelurahan Jebres, Solo, Sabtu (8/11) menggelar pentas ketoprak mengangkat lakon “Perang Telik Sandi“. di  Taman Cerdas, Panggungrejo, Jebres. Hal ini diungkapkan Seksi Humas Kirab Budaya Pokdarwis Jebres Suharno dalam rilis yang diterima Timlo.net, Jumat (7/11).

“Para pemain dan penggiring karawitan semuanya adalah warga Jebres,” kata Menurut Kun Prastowo, sekretaris panitia.

Lakon Perang Telik Sandi merupakan bagian dari episode Babad Kademangan Jebres, yang  mengisahkan cikal bakal berdirinya Desa Jebres, di masa pemerintahan Paku Buwono VI. Pada saat itu di Pulau Jawa berkecamuk  perang  besar, Pangeran Diponegoro melawan kompeni Belanda.

Paku Buwono VI bersimpati  ingin membantu perjuangan Pangeran Diponegoro, namun tidak secara terbuka, dengan mengangkat Taruna  sebagai telik sandi (mata-mata) dan  menjadi  pemimpin Lasykar Balkio ditempatkan di Gunung Kendil. Setelah Taruna berhasil dalam misinya menggempur Belanda di Benteng Vantenburg, diangkat menjadi Demang Jebres, dengan nama Jaya Mustofa.

Pentas ketoprak merupakan salah satu agenda dari kirab budaya Kademangan Jebre. Rangkaian kegiatan lainnya berupa pasar malam, pentas seni, umbul donga ziarah ke makam Demang Jebres. Minggu (9/11) sebagai acara puncak digelar kirab budaya yang akan diikuti 52 lasykar  perwakilan dari masing-masing RW di Kelurahan Jebres, menggunakan kostum dan properti yang beragam disesuaikan dengan nama kampung masing-masing  (*)

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge