0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

IAIN Surakarta Gelar Seminar Islam dan Masa Depan Ekologi

Logo IAIN Surakarta (dok.timlo.net/facebook)

Sukoharjo — Perkembangan populasi manusia berimplikasi pada menurunnya hubungan manusia dengan makhluk lain dan kebutuhan duniawi manusia menyebabkan kerusakan di muka bumi.

“Krisis ekosistem yang terjadi merupakan akibat dari ketidakseimbangan antara diri, kepentingan publik, dan hak hidup lingkungan,” ungkap Dosen Fakultas Ushuluddin IAIN Surakarta, M Syakirin Al-Ghozaly PhD saat berbicara pada Seminar Nasional “Islam dan Masa Depan Ekologi”, di Kampus IAIN Surakarta, Kartasura, Sukoharjo, Jumat (7/11).

Wakil Rektor I IAIN Surakarta Dr Mudofir MPd mengatakan, IAIN Surakarta melalui kegiatan ini menunjukkan bahwa ada kepedulian yang nyata terhadap persoalan lingkungan hidup. IAIN Surakarta akan meninjau persoalan lingkungan hidup dari sudut pandang akademik, selain itu sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berorientasi pada keislaman IAIN Surakarta juga menghimbau dan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk terus menjaga dan merawat lingkungan secara continue, karena sudah menjadi tanggung jawab umat beragama untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

“Jika kita tidak menjaga lingkungan secara berkelanjutan maka generasi-generasi yang akan datang akan menjadi korban,” jelasnya.

Hal senada dikemukakan Suwarno Hadisusanto dari Laboratorium Ekologi dan Konservasi Fakultas Biologi UGM. Menurutnya, kita sebagai umat beragama wajib untuk menjaga keseimbangan ekosistem secara berkelanjutan dengan mempertahankan kualitas lingkungan hidup demi generasi mendatang.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge