0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

iOS Tidak Lagi Aman Dari Malware

Fitur iOS 7.1. (Dok: Timlo.net/ Ars Technica. )

Timlo.net—Sepertinya setiap beberapa bulan sekali, akan ada sebuah berita baru yang muncul terkait malware baru di Android yang membuat para pengguna kuatir. Bahkan sekalipun para pengguna hanya menginstal aplikasi dari Google Play dan tidak dari sumber lain. Tapi sepertinya hal yang sama mulai terjadi pada sistem operasi buatan Apple, iOS. Malware mulai menyerang sistem operasi itu terutama untuk mereka yang mengginstal dari toko-toko aplikasi pihak ketiga di Cina.

Salah satu malware yang menyerang disebut WireLurker. Malware ini cukup mengesankan karena bisa menginfeksi peralatan iOS bahkan yang belum dijailbreak. Laporan awal memperkirakan bahwa ada ratusan ribu peralatan yang terinfeksi. Bug yang disebar lewat USB ini tersebar terutama lewat Maiyadi App Store di Cina. Cara kerjanya adalah menginstal aplikasi dari komputer Mac ke alat iOS. WireLurker juga cukup berbahaya karena bisa mengubah program lain menjadi malware juga tanpa perlu mendownload file ekstra.

Para peneliti berkata bahwa aplikasi-aplikasi yang terinfeksi malware ini telah didownload lebih dari 350 ribu kali. Para peneliti dari Palo Alto Network telah membuat sebuah software untuk menolong para pengguna iPhone dan iPad untuk mendeteksi jika ponsel dan tablet mereka terinfeksi. Tapi sebenarnya infeksi malware ini bisa dicegah, selama para pengguna iPhone dan iPad tidak menginstal aplikasi dari toko-toko atau sumber pihak ketiga.

Sumber: Phone Arena.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge