0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkab Sragen Terima Dana Desa Rp 26,7 Miliar

Ilustrasi Uang (dok.timlo.net/red)

Sragen – Pemerintah pusat menjanjikan Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 1,4 miliar untuk setiap desa. Namun dana dari pemerintah pusat diterima pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen pada 2015 nanti baru sebesar Rp 26,7 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Tatag Prabawanto mengatakan, dengan mendapat anggaran Rp 26,7 miliar, bila dibagi 196 desa di wilayah Sragen, praktis setiap desa hanya mendapat rata-rata Rp 125 juta saja.

“Dengan hanya mendapat Rp 26,7 miliar dari pemerintah pusat, asumsi setiap desa mendapat Rp 500 juta saja tidak terpenuhi,” katanya kepada wartawan baru-baru ini.

Tatag Prabawanto mengatakan, angka ideal bagi setiap desa memang Rp 1,4 miliar. Namun sebelum dana itu dipenuhi pemerintah pusat, Pemkab telah mengucurkan anggaran Rp 468 juta untuk setiap desa pada 2013/2014. Sehingga Pemkab sudah mengucurkan anggaran untuk desa Rp 92 miliar pertahun.

Lebih lanjut pihaknya mengungkapkan, sesuai amanat Undang Undang (UU) tentang Desa, Pemkab juga harus  mengalokasikan 10 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU), serta pemerintah pusat harus memberikan anggaran Rp 500 juta hingga Rp 750 juta untuk setiap desa. Namun ternyata hal ini belum bisa dipenuhi pemerintah puat.

“Kami tidak akan mengurangi, tetapi akan menata program-program yang ada di desa agar lebih tertata dan tepat pada sasaran yang dituju,” tegas Tatag Prabawanto.

Pada APBD 2015, Pemkab Sragen sudah mengalokasikan ADD sebesar Rp 40 miliar. Bila ada tambahan, anggaran itu bakal dicantumkan di APBD Perubahan.

“ADD pada 2015 masih lebih banyak kami dibanding yang diberikan pemerintah pusat. Dana yang kami anggarkan itu disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah,” pungkas Tatag Prabawanto.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge