0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sambut HUT, Karanganyar Gelar Pameran Budaya

Karnaval Budaya dalam rangka Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, Selasa (19/8) (Dok. Timlo.net/Nanang Rahadian)

Karanganyar – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-97 Kabupaten Karanganyar pada 18 November 2014 mendatang, rencananya digelar Pameran Budaya Karanganyar. Dalam pameran ini ditampilkan kebudayaan Bumi Intanpari dari masa ke masa.

Sebagaimana dikemukakan Staf Publikasi Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah, Putu Danang Jaya, budaya Karanganyar dinilai amat kaya dan perlu disebarluaskan kepada masyarakat.

“Ini merupakan bagian dari pameran budaya rutin, di mana kami memilih Karanganyar dan waktunya disesuaikan dengan perayaan hari ulang tahun. Kami akan memamerkan budaya Karanganyar karena seperti kita ketahui kabupaten ini kaya budaya dari zaman ke zaman. Semuanya akan kami hubungkan,” ungkapnya, saat ditemui wartawan, Kamis (6/11).

Dalam pameran budaya nanti, gambaran budaya dari masa ke masa secara runtut diwujudkan dalam media interaktif. Mulai dari era prasejarah hingga peradaban terkini. Nilai-nilai historis dipaparkan meliputi aspek religi, ekonomi dan secara umum.

“Ada masa prasejarah, misalnya situs Watukandang, kemudian pada masa klasik kami akan angkat Candi Sukuh dan Cetho. Lalu, pada era kemandirian Karanganyar akan diwujudkan salah satunya Pabrik Gula Colomadu dan Tasikmadu. Nanti ada media interaktif anak berupa puzzle, game dan termasuk rumah tradisional,” papar Putu.

Pameran budaya rencananya dihelat mulai 14 hingga 19 November 2014 di Gedung Wanita. Selain pemaparan materi, ditampilkan pula sejumlah booth pendukung pameran.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge