0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

287 Jamaah Haji Kloter Terakhir Mendarat di Solo

(Ilustrasi) Calon jamaah haji (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Sebanyak 287 jamaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 71 asal Kabupaten Purworejo dan Magelang serta 14 kota lainnya di Jawa Tengah mendarat di Bandara Adi Soemarmo Solo, Kamis (6/11). Kloter terakhir ini mengalami keterlambatan sekira 33 menit, yakni pukul 08.33 WIB dari jadwal sebelumnya jam 08.00 WIB.

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo, Badrus Salam mengatakan, 287 jamaah tiba hari ini terdiri dari 139 orang pria dan 148 wanita. Mereka dipulangkan ke kotanya masing-masing setelah mendapatkan pengarahan di Aula Mudzalifah, Asrama Haji Donohudan serta pemeriksaan kesehatan oleh tim medis.

Alhamdulillah hari ini telah tiba 287 jamaah haji Kloter 71 yang merupakan Kloter gabungan dari 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah di Embarkasi Solo. Namun dari ratusan jamaah tersebut didominasi dari Kota Magelang dan Kabupaten Purworejo. Ada empat jamaah yang masih ditinggal di Arab Saudi karena sakit. Setelah sembuh nanti akan dipulangkan ke Tanah Air,” ujarnya kepada wartawan, di Asrama Haji Donohudan.

Selama di Arab, keempat jamaah itu mendapatkan perawatan intensif. Disinggung penyakit diderita jamaah haji, Badrus Salam mengatakan mereka mengalami gangguan pada saraf, sehingga membutuhkan waktu cukup panjang untuk perawatan.

“Kami jamin perawatan yang dilakukan sangat intensif, lantaran sakit yang diderita adalah saraf, maka penanganannya agak sedikit memakan waktu,” terang dia.

Mengenai kondisi jamaah haji baru tiba, Badrus Salam menyebut beberapa di antara mereka mendapatkan perawatan. Sebanyak tujuh jamaah di antaranya harus diangkut dengan ambulans menuju asrama haji untuk perawatan.

“Kami masih menunggu bidang kesehatan klinik, apabila ada yang perlu mendapatkan perawatan lebih lanjut akan dirujuk ke RSUD dr Moewardi Solo,” katanya.

Embarkasi Haji Solo sendiri telah menerbangkan 26.433 jamaah haji asal Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Dari jumlah itu, sebanyak 64 jamaah di antaranya meninggal dunia. 58 jamaah meninggal di Tanah Suci, sementara sisanya meninggal di Tanah Air. Total jamaah haji pulang ke Solo sebanyak 26.371 orang.

Berikut nama-nama jamaah haji masih tertinggal di Arab Saudi :
1. Purwanti Sarli Kaimi, kloter 17, asal Kota Semarang
2. Paryono Duljamil Irsyad, kloter 64, asal Kabupaten Kebumen
3. Sri Mariasih Suyono Wisnu kloter 69,asal Kabupaten Temanggung
4. Isminah Bronto Sudiro, kloter 70, asal Kabupaten Purworejo

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge