0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PNS dan TNI/Polri Ikuti Diklat Pembudayaan Pancasila

Diklat Pembudayaan Pancasila dan Empat Pilar Wawasan Kebangsaan di Gedung KORPRI Sragen, Kamis, (6/11) (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Bupati Sragen yang diwakili Sekretaris Daerah Tatag Prabawanto membuka Diklat Pembudayaan Pancasila dan Empat Pilar Wawasan Kebangsaan di Gedung KORPRI Sragen, Kamis, (6/11). Diklat dihadiri anggota kejuangan 45, purnawirawan PNS/TNI/POLRI, organisasi kepemudaan, wanita dan pelajar, serta perwakilan PNS dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kabupaten Sragen.

Ketua Panitia Penyelenggara Diklat Pembudayaan Pancasila dan Empat Pilar Wawasan Kebangsaan, Subiasmoro mengatakan, bahwa diklat diikuti 200 orang dan materi yang diberikan antara lain Pembudayaan Jiwa, Semangat dan Nilai-nilai Kejuangan 45, Pembudayaan Empat Pilar Kebangsaan , Pembudayaan Pancasila, Isu-isu aktual bidang pemerintah dan ekonomi.

Sementara Ketua Dewan Harian Cabang Kejuangan 45 Kabupaten Sragen Sunaryo mengatakan, anggota Kejuangan 45 mempunyai tugas yang luhur meskipun usia sudah lanjut. Dikatakan Sunaryo bahwa Pancasila merupakan dasar dalam segi kehidupan bangsa di Indonesia.

“Pancasila merupakan jiwa dan tulang sumsum bangsa Indonesia yang melekat erat.  Selain itu, gotong-royong, musyawarah mufakat perlu ditingkatkan dalam segala bentuk dan hal dalam kehidupan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Sementara Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Sragen menegaskan, karakter merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan bangsa Indonesia.  Momen seperti Diklat Pembudayaan Pancasila dan Empat Pilar Kebangsaan adalah salah satu cara untuk menumbuhkan karakter bangsa Indonesia.

Sekda berharap hasil dari Diklat kebangsaan bisa disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga karakter sebagai  bangsa Indonesia tidak pudar.  “Saya berharap hasil Diklat ini bisa disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga karakter sebagai bangsa Indonesia tidak akan hilang sesuai cita-cita proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia,”  katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge