0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendataan Pedagang Pasar Soekarno Picu Konflik

Pembangunan Pasar Ir Soekarno Sukoharjo (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Pendataan pedagang  Pasar Darurat yang dilakukan Disperindag Sukoharjo dinilai berpotensi memicu konflik internal antar pedagang. Diduga data tersebut akan digunakan untuk masuk Pasar Soekarno yang segera selesai pengerjaannya.

Aktivis Aliansi Perbaiki Sukoharjo, Sumarjono mengatakan, konflik antar pedagang tersebut berpotensi terjadi karena pendataan dilakukan tidak terbuka. Para pedagang hanya menduga-duga saja peruntukannya, sehingga muncul dugaan permainan penentuan lokasi kioas di kalangan pedagang.

“Pendataan yang tidak transparan ini tentunya menjadikan para pedagang bertanya-tanya akan digunakan untuk apa, jangan-jangan akan digunakan untuk masuk pasar, kalau tidak terbuka seperti ini bisa saja muncul isu permainan penetuan lokasi kios,” tegas Sumarjono, di Sukoharjo, Kamis (6/11).

Dijelaskan, ada wacana penentuan lokasi kios dengan sistem undian seluruh pedagang, baik baru maupun lama. Hal ini juga menimbulkan kecemburuan sosial di kalangan pedagang.

Sementara itu, Lurah Pasar Sekarno, Tri Sukrisno mengakui, pihaknya telah melakukan “pendataan” untuk mengakomodasi keberadaan pedagang Pasar Ir Soekarno yang jumlahnya sangat banyak. Namun demikian, pihaknya enggan berkomentar lebih banyak terkait pendataan tersebut.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge