0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini 5 Manfaat Kesehatan Yogurt

Yogurt (Dok: Timlo.net/ Google Images)
Timlo.net—Yogurt adalah produk turunan dari susu yang sengaja dibuat melalui proses fermentasi bakteri. Di mana bakteri yang paling sering digunakan untuk membantu proses fermentasi ini adalah Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus.
Dari proses fermentasi, gula susu (laktosa) akan berubah menjadi asam laktat yang sangat baik bagi pencernaan, dan meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh. Sedangkan kandungan protein dalam susu akan mengalami peptonasi, sehingga membuat lebih mudah untuk dicerna oleh tubuh. Di mana proses-proses inilah yang menghasilkan tekstur gel dan aroma yang khas pada yogurt.
Yogurt sebagai makanan kesehatan mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa dari manfaat yogurt untuk kesehatan tubuh:

1.  Membantu proses pencernaan laktosa

Salah satu manfaat yogurt adalah membantu proses pencernaan laktosa. Sienny, pemilik FroZSieN Yogurt, bercerita pengalaman keluarganya merasakan manfaat kesehatan dari yogurt. Putri sulungnya yang kala itu berusia tiga tahun kerap mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh, walaupun sudah dibawa ke berbagai dokter, dan mengkonsumsi berbagai obat. Menurut salah seorang dokter, putrinya menderita alergi. “Tapi kita belum tahu alergi apa, karena ada banyak jenis asupan pemicu alergi sang anak,” terang Sienny.
Sienny lantas mencoba mencari jenis alergi sang anak dengan mengeliminasi masing-masing jenis alergen. Misalnya membersihkan rumah dari debu, hingga menghentikan konsumsi susu sapi pada putrinya secara bertahap. Akhirnya diketahui bahwa putrinya memiliki lactose intolerance, di mana tubuh kesulitan mencerna laktosa, yaitu jenis gula yang ada didalam kandungan susu sapi. Pada awalnya dia mencoba mengganti susu sapi dengan susu kedelai.
Tapi karena rasanya berbeda, sang anak tidak menyukainya. Kemudian kakak  Sienny lantas menyarankan untuk mencoba mengolah susu sapi tersebut menjadi yogurt, karena yogurt bisa mendukung proses pencernaan laktosa. Dan yogurt juga memiliki rasa yang lebih enak bila dibandingkan dengan susu kedelai.

2. Mencegah timbulnya candida albicans

Manfaat kesehatan lainnya juga dialami oleh Sienny sendiri. “Setelah rutin mengkonsumsi Yogurt setiap hari, saya tidak pernah mengalami keputihan lagi,” terang Sienny. Vaginitis atau keputihan ini disebabkan oleh jamur Candida Albicans. Dimana pertumbuhan jamur ini dapat dikendalikan oleh bakteri probiotik yang ada dalam yogurt.

3. Mendukung diet sehat dan aman

Yogurt merupakan minuman yang bersifat mengenyangkan karena yogurt memiliki kalori yang tinggi dan rendah lemak, sehingga membuat perut kenyang lebih lama daripada makanan biasa.

4. Mencegah osteoporosis

Metabolisme tulang dapat berjalan dengan baik bila mengkonsumsi yogurt, karena yogurt membantu produksi vitamin K yang berperan penting untuk penyerapan kalsium dan fosfor. Kedua mineral itu sendiri bermanfaat untuk memperkuat tulang.

5. Baik dikonsumsi untuk ibu hamil

Banyak sekali nutrisi dalam kandungan yogurt yang sangat dibutuhkan sang ibu dan janin yang ada di kandungan. Misalnya protein dalam yogurt bisa membantu tumbuh kembang janin. Kalsium akan memperkuat tulang janin. Probiotik akan membantu menjaga kesehatan usus ibu dan mencegah racun dari makanan yang dimakan. Kandungan zat besinya mampu menjaga kesehatan ibu selama proses kehamilan. Juga vitamin-vitamin yang ada pada yogurt bermanfaat untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dikandungan.
Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge