0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

6 Profil Pembunuh di Facebook Terungkap

Logo Facebook (dok.timlo.net/ist)

Timlo.net — Enam jenis pembunuh yang memiliki akun di Facebook berhasil diungkap oleh para profiler yang bekerja pada 48 kasus pembunuhan di mana jejaring sosial itu memegang peranan penting.

Tim peneliti dari Birmingham City University, Inggris yang dipimpin oleh Dr. Elizabeth Yardley dan Profesor David Wilson dari the Centre of Applied Criminology menerbitkan hasil penyelidikan mereka terhadap 48 kasus pembunuhan yang melibatkan Facebook dalam Howard Journal of Criminal Justice:

Reactor

Pada 2008, Wayne Forester yang berusia 34 tahun mabuk dan mengkonsumsi kokain sebelum menebas istrinya hingga mati dengan pisau pemotong daging. Hal ini disebabkan karena dia marah setelah tahu istrinya mengubah status dari “menikah” menjadi “single” di akun Facebooknya. Forrester dipenjara minimal 14 tahun di penjara di UK. Tipe pembunuh jenis reactor menyumbang 27 persen dari seluruh kasus pembunuhan yang melibatkan Facebook.

Tipe pembunuh ini bereaksi terhadap berita atau perubahan status di Facebook yang membuat mereka marah dan menyerang sang korban langsung. Atau menyerang korban beberapa saat setelah mereka meninjau ulang konten tersebut di Facebook dan merenungkan artinya.

Informer

Tipe pembunuh informer memperingatkan orang-orang di Facebook bahwa mereka berencana membunuh korban atau telah membunuh korban. Tindakan ini sebagai demonstrasi publik bahwa tipe pembunuh ini memiliki kendali terhadap orang lain. Will Cornick, 16, dihukum minimal 20 tahun setelah menusuk guru Bahasa Spanyol di kelas hingga mati. Dia adalah tipe “informer” yang menyumbang 22,9 persen kasus pembunuhan di media sosial itu.

“Dia cocok dengan pola orang yang akan membiarkan semua orang tahu apa yang ingin mereka lakukan,” terang para peneliti. Wilson sendiri berulang-ulang menyatakan niatnya untuk membunuh gurunya, Ann Maguire, yang berusia 61 tahun kepada teman-teman Facebooknya.

Antagonist

“Interaksi yang tidak ramah di Facebook bisa meningkat menjadi kekerasan fatal satu lawan satu,” tulis para peneliti. Tipe pembunuh ini disebut Antagonist, menyumbang 16,7 persen dari total kasus pembunuhan. Ketakutan akan kemungkinan bertemu dengan musuh Facebook mereka di dunia nyata membuat beberapa tipe antagonist mempersenjatai diri sendiri. Pada 2010, seorang remaja berusia 15 tahun menusuk mantan temannya, Salum Kombo karena mereka saling menghina di Facebook. Remaja itu dipenjara paling tidak selama 14 tahun.

Fantasist

Saat garis antara fantasi dan realitas menjadi kabur, maka tipe fantasist muncul. Sebanyak 12,5 persen kasus pembunuhan yang melibatkan Facebook berasal dari tipe fantasist. Mark Twitchell adalah contoh tipe fantasist yang ikonik. Pria Kanada berusia 35 tahun itu divonis bersalah atas pembunuhan John Brian Altinger. Dalam pembelaannya, sang pembunuh itu berkata bahwa dia terinspirasi dari karakter Dexter Morgan dari serial TV Dexter.

Predator

Tipe Predator menggunakan profil Facebook palsu untuk menjebak korban. Pada 2010, Peter Chapman, dikenal sebagai “Facebook killer” dihukum 35 tahun penjara karena pembunuhan Ashleigh Hall, remaja puteri berusia 17 tahun setelah menjebak korban lewat Facebook.

Imposter

Tipe imposter menyamar menjadi orang lain di Facebook untuk menciptakan ilusi bahwa sang korban masih hidup atau berpura-pura menjadi orang lain untuk memperoleh akses dan mengawasi profil korban.

Pada 2010, Andrew Lindo membunuh pasangannya Marie Stewart sebelumnya mengirim pesan-pesan dari Facebook Marie dan mengatakan bahwa dia pergi ke Canary Islands.

Sumber: RT.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge