0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemkot Solo Bidik Tirto Jomplang

Kepala Bappeda Surakarta, Agus Djoko Witiarso (dok.timlo.net/ist)

Solo – Pemerintah Kota Solo berencana mengembangkan pusat bisnis di wilayah Solo utara bagian barat. Hal itu disebabkan semakin tingginya beban daerah Solo bagian selatan dan tengah. Bahkan rencananya pembangunan Central Busines Distric (CBD) ini akan dibangun di wilayah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Karanganyar.

“Masyarakat ini kan membutuhkan hiburan, pasar, dan infrastruktur lainnya, itu semua akan segera kita maksimalkan di daerah Solo utara, sehingga masyarakat tidak perlu lagi jauh-jauh ke wilayah Solo selatan untuk bisa menjangkaunya. Dengan begitu kepadatan di wilayah Solo selatan tidak akan begitu tinggi,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Surakarta Agus Djoko Witiarso, di Solo, Rabu (5/11).

Agus mengatakan, pembangunan perumahan yang banyak mendominasi di wilayah Solo utara seharusnya dibarengi dengan pembangunan infrastruktur penunjang lainnya seperti sarana pendidikan, hiburan, olahraga, ruang terbuka, kesehatan dan pasar. Namun pertumbuhan infastruktur tersebut belum maksimal sehingga banyak masyarakat yang belum bisa mengakses, hal itu menyebabkan tingginya beban di wilayah Solo selatan yang telah lebih dulu lengkap infrastrukturnya.

“Pembangunan tersebut akan dipusatkan di wilayah Tirtonadi, Joglo dan Komplang (Tirto Jomplang) dan di kawasan Mojosongo. Program ini telah kami masukkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),”  pungkasnya.

Terpisah, Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu (BPMPT) Surakarta, Toto Amanto mengatakan, saat ini pengembangan bisnis sudah diarahkan ke Solo Utara. Toto menegaskan, tidak ada perizinan untuk usaha toko modern maupun mall di Kota Bengawan terkecuali Solo utara.

“Untuk Solo bagian tengah maupun selatan sudah tidak ada lagi izin yang kami keluarkan, namun untuk Solo bagian utara peluangnya masih sangat luas. Bahkan sudah ada investor dari sebuah rumah sakit internasional yang akan membuka cabangnya di daerah Ring Road Mojosongo,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge