0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dibeking Jokowi, Menteri Susi Tak Takut Asing

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Sejak ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti kerap melontarkan pernyataan bernada keras. Terutama soal kuasa asing di sektor kelautan dan perikanan nasional.

Berulang kali Susi menyampaikan bakal membuat kebijakan agar negara lain tak semena-mena mengeruk kekayaan laut Indonesia. Dia mengaku tidak gentar karena kebijakannya diklaim demi kepentingan bangsa dan negara.

Satu hal membuat Susi tidak gentar adalah dukungan dari orang nomor satu negeri ini yakni Presiden Joko Widodo.

“Kan Pak Presiden dukung saya. Siapa yang lebih besar dari Presiden,” ujarnya, saat ditemui di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (5/11).

Saat ini Susi tengah menyusun moratorium pemberian izin tangkap ikan pada kapal besar dengan kapasitas 30 GT. Selain itu, Susi bakal membebaskan izin pada kapal nelayan kecil milik penduduk lokal.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan percakapan dengan Susi Pudjiastuti saat mengangkatnya menjadi menteri Perikanan dan Kelautan. Susi merasa kaget dan bertanya kepada Jokowi.

“Pak saya surprise, Bapak (Jokowi) angkat saya jadi menteri, sebelumnya saya sering disebut gila karena saya keras melemparkan ide dan mengkritik ke menteri-menteri sebelumnya soal masalah perikanan dan kelautan, tapi Bapak kok percaya pada saya?” kata Susi saat itu.

Jokowi menjawab enteng pertanyaan Susi. “Ya Saya memang butuh orang ‘gila’ untuk melakukan terobosan,” tegas Jokowi yang diunggah dalam akun Facebook resminya, Sabtu (1/11).

Mendengar jawaban Jokowi, Susi malah tertawa. Jokowi mengaku senang dengan cara kerja Susi dalam jam-jam pertama pekerjaannya membuka kesadaran publik bagaimana potensi laut kita dicuri nelayan asing. [noe]

 

Sumber : merdeka.com

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge