0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kelebihan Muatan, Puluhan Truk Kena Tilang

Pengecekan tonase (Dok. Timlo.net/Nanang Rahadian)

Karanganyar – Puluhan truk dan mobil angkutan barang terjaring dalam operasi gabungan digelar Dishubkominfo Provinsi Jawa Tengah, Dishubkominfo Karanganyar bersama Satlantas Polres Karanganyar, di Kantor Pengujian Kendaraan Dishubkominfo Karanganyar, Rabu (5/11).

Kepala Bidang Pengendalian dan Operasi Dishubkominfo Karanganyar, Joko Mulyono, mengatakan pengecekan dilakukan menggunakan alat timbang portabel, mayoritas kendaraan melebihi 40 persen hingga 50 persen dari berat diperbolehkan, yakni maksimal delapan ton. Padahal, toleransi diberikan cukup banyak, sebesar 25 persen atau dua ton dari ketentuan. Bahkan, beberapa di antaranya kedapatan bermasalah dengan surat kendaraan.

“Kami melakukan koordinasi dengan Dishub provinsi, kemudian mendatangkan alat timbang portabel. Ternyata dari hasil pantauan selama setengah jam saja, ada belasan kendaraan ditimbang dan melebihi muatan,” ungkap Joko.

Disebutkan, selama ini pemerintah kerap menerima keluhan terkait kerusakan jalan dari sejumlah masyarakat. Pasalnya, masyarakat seringkali menemui kendaraan membawa muatan melebihi batas ketentuan.

Oleh karenanya, dengan pembuktian berdasar alat timbang membuat kendaraan angkut tak dapat mengelak lagi jika memang kelebihan muatan. Bahkan, kendaraan itu langsung diberi surat tilang untuk selanjutnya dilakukan sidang di pengadilan.

“Kami proses tilang untuk kemudian sidang di pengadilan. Ini setidaknya diharapkan menjadi efek jera bagi pengemudi lainnya bahwa ternyata sekarang ada penindakan di tempat. Ini periodik berkala akan kami lakukan penimbangan guna langkah tindak lanjut,” sebut Joko.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge