0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Juli 2015, PNS Solo Dapat Asuransi Kecelakaan Kerja

Penyerahan SK pengangkatan PNS di Solo. (Dok.Istimewa)

Solo – Mulai Juli 2015, pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal mendapat asuransi kecelakaan kerja. Dimungkinkan, premi asuransi kecelakaan kerja PNS ini dibebankan pada APBD 2015.

Ketua Komisi I DPRD Solo, Budi Prasetya, mengatakan dalam audiensi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) beberapa waktu lalu, besaran tunjangan kecelakaan kerja PNS itu dihitung dari gaji pokok. Disampaikan pula, premi asuransi kecelakaan kerja dibebankan kepada pemerintah daerah.

“Besaran preminya 0,54 persen dari gaji pokok. Kemarin rencananya dipotong dari gaji pokok PNS, tetapi ternyata biaya preminya dibebankan kepada pemerintah daerah. Mungkin karena menyangkut asuransi pekerjaan,” katanya kepada wartawan, Rabu (5/11) di gedung dewan.

Lantaran dibebankan kepada keuangan daerah, lanjut Budi, pihaknya masih mengkaji kembali aturan itu dalam Rapat Badan Anggaran (Banggar). Pasalnya, dengan dibebankan ke APBD tentunya semakin membebani keuangan daerah dalam belanja pegawai.

Disisi lain, tambah Budi, mulai 2015 tunjangan general check up untuk kepala daerah dan pejabat struktural serta anggota DPRD mulai dihapus.

“Kemarin ada beberapa SKPD (satuan kerja perangkat daerah) yang menganggarkan itu, ya kami rasionalisasi. Aturan sekarang perlakuannya sama antara kepala daerah dengan masyarakat. Total anggaran di BKD (Badan Kepegawaian Daerah) kemarin Rp 210 juta,” jelas Budi, juga Anggota Banggar ini.

Sementara Wakil Ketua DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail, mengaku kurang mengetahui perihal anggaran untuk asuransi kecelakaan kerja PNS itu. Namun demikian, seharusnya premi asuransi kecelakaan kerja PNS diambilkan dari gaji, bukan dibebankan kepada APBD.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge