0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Alokasi Gaji Pegawai Sukoharjo Capai Rp 900 Miliar

(Ilustrasi) PNS di lingkungan Setda Pemkab Sukoharjo (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo — Alokasi APBD Sukoharjo yang disalurkan ke Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya lebih sedikit daripada alokasi untuk gaji pegawai. Dari APBD sekitar Rp 1,4 triliun, alokasi gaji pegawai sebesar Rp 900 miliar atau sekitar 58%.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Sukoharjo, Widodo mengatakan, akan melakukan efisiensi anggaran belanja tidak langsung pegawai tahun depan. Meskipun tidak bisa mengurangi alokasi gaji pegawai, pihaknya masih bisa melakukan pemangkasan anggaran honor kegiatan dan kelompok kerja.

“Nantinya kita akan melakukan pengendalian dari sisi index kegiatan yang menjadi komponen besaran belanja, seperti pembatasan membuat tim kerja hanya yang melibatkan SKPD lain, kalau hanya dalam satu SKPD tidak usah buat tim, ini cukup menghemat,” ungkap Widodo, di Sukoharjo, Rabu (5/11).

Dijelaskan, untuk gaji pegawai karena sudah ada aturan yang jelas tidak bisa dilakukan pemangkasan. Namun demikian, penghematan anggaran bisa dilakukan dengan efisiensi kegiatan yang menggunakan honor. Hal ini sudah dibahas oleh SKPD bersama Bupati lembur selama empat hari.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta kepada seluruh pimpinan daerah untuk memangkas anggaran gaji pegawai yang lebih dari 50% dari APBD.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge