0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

FrozSien Yogurt Tawarkan Yogurt Tanpa Pengawet dan Rendah Lemak

FrozSien Yogurt. (Dok: Timlo.net/ David F.P Gesuri.)

Solo–Tidak sekedar menyajikan produk olahan yogurt yang lezat, FroZSieN Yogurt juga menawarkan produk yang memang bermanfaat bagi kesehatan. “Keunggulan yogurt yang diproduksi FroZSieN adalah tanpa menggunakan bahan pengawet, memiliki kandungan kalsium tinggi, dan rendah lemak,” kata Sienny, pemilik FroZSieN Yogurt saat dijumpai di Timlo.net di Ruko Plaza Solo Baru HC-18, Solo Baru, Senin (3/11) sore.

“Selain menawarkan yogurt yang rendah lemak, FroZSieN juga menawarkan yogurt tanpa lemak (non fat),” tambah Sienny. Karena tanpa bahan pengawet, Sienny mengatakan bahwa produk yogurt mereka hanya dapat bertahan sekitar 25 hari. “Di setiap kemasan ada tanggal kadaluarsanya, bisa bertahan selama 25 hari, tetapi sangat bergantung pada suhu kulkas,” terang Sienny.

Ada 3 produk yang ditawarkan FroZSieN yaitu Yogurt Drink, Fruity Yogurt dan Yogurt Ice. Yogurt Drink adalah sajian yogurt yang bertekstur cair dan praktis dikonsumsi, dijual seharga Rp8.000 hingga Rp40.000. Yogurt Drink menjadi menu paling populer yang dijual FroZSieN karena kepraktisannya dan menjadi pilihan utama sebagai minuman pelepas dahaga para konsumen.

Fruity yogurt adalah sajian yogurt bertekstur lembut, dan creamy yang disajikan dengan sirup buah. Menu ini paling populer di kalangan pencinta yogurt dan para ibu hamil. Fruity yogurt dijual seharga Rp10.000 hingga Rp50.000.

Sementara Yogurt Ice adalah yogurt yang bertekstur padat dan dingin, dengan potongan buah segar dan lezat di dalamnya. Yogurt Ice dijual seharga Rp10.000 hingga Rp35.000.

Ketiga menu yogurt di atas memiliki berbagai varian rasa buah yang lezat, seperti strawberry, lychee, kiwi, apel, mixed fruit, grape, honeydew, banana, tamarind, coconut, longan, raspberry, peach, dan mandarin orange. Selain yogurt, FroZSieN juga menawarkan cemilan berupa roti bakar, kentang goreng, dan bakpao.

Berawal dari ketidaksengajaan

Sienny bercerita bahwa FroZSieN sendiri dibentuk karena ketidaksengajaan. Sebenarnya dia memproduksi yogurt untuk konsumsi keluarganya sendiri. Putri sulungnya yang kala itu berusia tiga tahun kerap mengalami batuk yang tidak kunjung sembuh, walaupun sudah dibawa ke berbagai dokter, dan mengkonsumsi berbagai obat. Menurut salah seorang dokter, putrinya menderita alergi. “Tapi kita belum tahu alergi apa, karena ada banyak jenis asupan pemicu alergi sang anak,” terang Sienny.

Sienny lantas mencoba mencari jenis alergi sang anak dengan mengeliminasi masing-masing jenis alergen. Misalnya membersihkan rumah dari debu, hingga menghentikan konsumsi susu sapi pada putrinya secara bertahap. Akhirnya diketahui bahwa putrinya memiliki lactose intolerance, di mana tubuh kesulitan mencerna laktosa, yaitu jenis gula yang ada didalam kandungan susu sapi.

Pada awalnya dia mencoba mengganti susu sapi dengan susu kedelai. Tapi karena rasanya berbeda, sang anak tidak menyukainya. Kemudian kakak Sienny lantas menyarankan untuk mencoba mengolah susu sapi tersebut menjadi yogurt, karena yogurt bisa mendukung proses pencernaan laktosa. Dan yogurt juga memiliki rasa yang lebih enak bila dibandingkan dengan susu kedelai.

Manfaat kesehatan lainnya juga dialami oleh Sienny sendiri. “Setelah rutin mengkonsumsi Yogurt setiap hari, saya tidak pernah mengalami keputihan lagi,” terang Sienny. Di samping itu, yogurt juga mendukung bagi orang yang ingin melakukan diet sehat dan aman.

Melihat pembuatan yogurt ini membutuhkan proses yang lama dan haruslah higienis, supaya lebih efisien dia harus membuat dalam jumlah yang tidak sedikit. Sehingga apabila ada kelebihan yogurt dari konsumsi keluarganya, maka dibagikan ke saudara, tetangga, dan relasi. Ternyata banyak yang memberikan respon positif terhadap yogurt buatannya, dan ada yang mulai memesan rutin, bahkan dijadikan bingkisan sewaktu menjenguk kerabat yang sakit.

Akhirnya pada awal 2014, dia mulai menggunakan mobil untuk berjualan produk yogurt. Sekarang mobil ini berjualan pagi dan sore hari. Untuk pagi hari, mobil ini berlokasi di Jl. Kebangkitan Nasional, Penumping, Solo, mulai pukul 10.00 hingga 15.00 WIB, sedangkan untuk sore harinya berlokasi di Jl. Sutan Syahrir, Widuran, Solo mulai pukul 17.00 hingga 21.30 WIB.

Selain menggunakan mobil sebagai sarana pendistribusian produk yogurtnya, Sienny mulai menggunakan ruko di wilayah Solo Baru sebagai tempat pengolahan, sekaligus sebagai toko yang mulai dibuka pada akhir bulan Juli 2014 lalu. Dan untuk ke depannya, ibu dua anak itu berencana untuk menambah dua menu baru, yaitu Yogurt Snow Ice dan Yogurt Oat.

Yogurt Snow Ice adalah yogurt yang dibuat menyerupai es salju, yang disajikan dengan potongan buah segar dan sirup buah. Sementara Yogurt Oat adalah yogurt yang dicampur dengan oat manis. Rencananya untuk dua menu baru ini akan dikeluarkan di bulan Desember 2014.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge