0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mahasiswa IAIN Surakarta Kunjungi Pabrik Jamu

Mahasiswa IAIN Surakarta saat berkunjung ke salah satu industri (dok.timlo.net/humas iain surakarta)

Sukoharjo — Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam bekerja sama dengan Himpunan Jurusan dan Leembaga Semi Otonom (LSO) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta baru-baru ini mengadakan kunjungan industri ke PT Nyonya Meneer Semarang.

Humas IAIN Surakarta Elliyina alam rilisnya yang iterima Timlo.net, Rabu  (5/11) menyebutkan, kunjungan tersebut diikuti 376 peserta dari
angkatan 2014, 70 panitia, 4 perwakilan LSO dan 2 dosen pendamping.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh pengetahuan tentang manajerial dari kegiatan industri sehingga mampu menambah wawasan mahasiwa. Para peserta disuguhkan dengan beberapa informasi mengenai sejarah berdirinya PT Nyonya Meneer, diperlihatkan museum jamu sebagai kekayaan budaya Jawa dan diberi kesempatan untuk mencicipi jamu secara langsung dari pabriknya.

Nyonya Meneer adalah seorang perempuan keturunan Tionghoa yang talenta meracik aneka tumbuhan dan tanaman obat menjadi jamu justru bersinar di tengah masa pendudukan Belanda yang serba terbatas dan prihatin. Sang suami yang tak kunjung sembuh pun akhirnya sembuh berkat jamu racikannya.

Dalam perusahaan tersebut juga terdapat museum jamu pertama di Indonesia. Selain ditujukan sebagai cagar budaya  juga merupakan pusat informasi, pendidikan, promosi, serta sebagai media untuk melestarikan warisan budaya tradisional tentang jamu berkhasiat, dimana semua bahannya didapat dari Tanah Air. Usahanya itu kini bernama PT Nyonya Meneer yang telah dianggap sebagai ikon industri nasional jamu dan kosmetik tradisional terbesar dan tertua di Indonesia.

Ketua panitia, Khoirudin mengatakan, kunjungan industri ini diharapkan dapat menambah wawasan mahasiswa tentang bagaimana membangun perusahaan, mengelola dan melestarikan warisan budaya yang mempunyai nilai saing tinggi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge