0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pong Harjatmo Dukung Pelestarian Macapat

Pong Harjatmo (dok.timlo.net/heru myrdhani)
Solo —  Tembang Macapat dan Geguritan dikumandangkan di teras Museum Radya Pustaka,  Selasa (4/11) malam. Hujan yang mengguyur Kota Solo malam itu menambah nuansa mistis dalam gelaran dalam rangka Bulan Suro (Muharam) sebagai bulan kebudayaan.
Ronggojati Sugiyatno, yang ditunjuk sebagai pamangku acara tetembangan tersebut, mencoba menggiring semua yang hadir untuk ikut melantunkan beberapa tembang karangan Ronggo Warsito. Dimulai dari pupuh pertama Jaka Lodhang yang berkisah tentang awal perjalanan manusia. Jaka Lodhang ditulis Ronggo Warsito pada 1877.

Selanjutnya, acara yang diikuti puluhan mahasiswa tersebut melagukan lagi karya lain dari Pujangga Keraton Kasunanan Surakarta tersebut, yakni Serat Sabdatama dan disambung dengan serat Sabdajati. Selain diikuti seniman dan budayawan Kota Bengawan, acara tersebut juga dihadiri bintang film tahun 1970-an Pong Harjatmo.

Ditemui usai menyumbangkan suaranya, Pong mengaku sengaja hadir karena mendapatkan undangan dari panitia. Pong juga mengungkapkan bahwa dirinya sangat menikmati sajian yang dipertunjukkan.

“Saya sangat mendukung pelestarian budaya semacam ini, dan saya merasa terhormat bisa diundang dan turut menyumbangkan suara bersama rekan-rekan budayawan di Solo ini,” katanya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge