0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BBM Mau Naik, Titiek Soeharto Kritik Pemerintahan Sekarang

Titiek Soeharto (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Rencana kenaikan bahan bakar minyak (BBM) subsidi masih diperdebatkan. Putri mantan presiden Soeharto, Siti Hediati Hariyadi atau Titiek Soeharto mengkritik gaduhnya suasana jelang kenaikan harga BBM ini.

Wakil Ketua Komisi IV DPR ini menilai banyak terdapat perbedaan antara pemerintahan sekarang jika dibandingkan dengan pemerintahan Soeharto jelang kenaikan harga BBM. Menurutnya, saat ayahnya memerintah, tidak ada kegaduhan sama sekali jelang kenaikan harga BBM.

“Pak Harto dulu kalau mau menaikkan tidak ramai. Kalau dulu mau menaikkan BBM, cuma Pak Harto dan satu menteri yang tahu, enggak ramai,” kata Titiek, kemarin.

Anggota DPR dari fraksi Golkar itu berkisah, di saat ayahnya menjabat RI-1 soal kapan naiknya harga BBM hanya Soeharto dan menterinya yang tahu sehingga bisa menekan ulah spekulan.

Sementara, Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi berpendapat, pemerintahan Jokowi harus melakukan sosialisasi kenaikan harga BBM minimal satu hingga tiga bulan sebelum hari pelaksanaan kenaikan harga. Kondisi psikologis dan ekonomi masyarakat harus dipersiapkan terlebih dahulu.

“Kebijakan yang sangat mempengaruhi hajat hidup orang banyak harus mendapat penanganan strategi komunikasi yang tepat dan terukur. Masyarakat harus mendapat edukasi yang intensif mengapa harga BBM harus dinaikkan. Alasan-alasan yang masuk akal tentu akan diterima oleh masyarakat, apalagi jika kompensasi subsidi BBM dialihkan untuk pembangunan infrastruktur, penyediaan sarana transportasi publik dan keberpihakan kepada rakyat tidak mampu,” jelas Ari. [dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge