0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hutan Terbakar, Jalur Pendakian ke Lawu Ditutup

Pintu masuk pendakian Gunung Lawu (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar  —  Kebakaran hutan yang terjadi di jalur pendakian Gunung Lawu beberapa hari terakhir ini, membuat instansi terkait terpaksa menutup jalur pendakian ke puncak Lawu yang melalui Cemoro Kandang. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan para pendaki sendiri maupun menjaga terjadinya kebakaran tersebut terulang yang diakibatkan oleh ulah para pendaki.

Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar Aji Pratama Heru meminta para pendaki untuk memahami kondisi tersebut dan tidak memaksakan diri tetap melakukan pendakian ke puncak Lawu.

“Itu langkah yang tepat. Jadi seusai kebakaran kemarin Cemoro Kandang ditutup sampai nanti situasinya sudah dinilai aman. Saya minta pendaki untuk tidak naik ke puncak dulu,” ujar Heru kepada wartawan, Rabu (5/11).

Di sisi lain, pihaknya tengah memastikan kondisi di lokasi kebakaran benar-benar aman. Pasalnya, tak mudah untuk menjangkau medan Lawu dengan pertimbangan alat bantu yang ada.

“Dibanding lokasi lain, penanganan hutan Lawu cukup menyita energi, apalagi dibutuhkan personel yang tidak sedikit. Akses untuk pemadam api pun juga cukup sulit,” ungkap Heru.

Sebelumnya, kebakaran terdeteksi di petak 33 dan 63 kawasan Lawu utara seluas delapan hektar. Sekitar 80 personel tim gabungan dari relawan Anak Gunung Lawu (AGL), polisi hutan dan warga di Kecamatan Tawangmangu bahu membahu memadamkan api tersebut. Lantaran hembusan angin kencang dan cuaca yang kering, api menjadi kian sulit dijinakkan.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge