0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Siap Bangun Jalan Lingkar Luar

Jalan Ir Soekarno, Solo Baru (Dok. Timlo.net.Putra)

Solo – Pemerintah Kota Solo menggagas pembangunan Solo outer ring road (SORR) atau jalan lingkar luar. Jalan ini menghubungkan Solo dengan daerah-daerah di sebelah Selatan Kota Bengawan. Pembangunan SORR ini diharapkan bisa mengurangi tingkat kepadatan kendaraan bermotor di wilayah Solo bagian Selatan.

Ditemui di ruang kerjanya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Solo, Agus Djoko Witiarso, mengungkapkan rencana pembangunan ini merupakan program untuk mengurangi beban di Jalan Juanda, Jalan Kapten Mulyadi dan Jalan Rajiman. SORR dipilih untuk bisa mengarahkan kendaraan berat agar tidak memasuki jalan-jalan utama kota dan bisa langsung menuju arah Sukoharjo di bagian Selatan.

“Kami utamakan memang Solo Selatan karena daerah ini rawan kemacetan dan beban jalannya sangat tinggi. Selain itu, pembangunan SORR ini hanya akan dilakukan di wilayah Solo Selatan karena untuk Solo bagian Utara telah terdapat tol Semarang-Kertosono yang masih dalam tahap pengerjaan,” katanya, Selasa (4/11).

Lebih lanjut Agus Djoko mengungkapkan, selain memerlukan jalan lingkar luar, Kota Solo juga membutuhkan jalan lingkar dalam atau Solo Inner Ring Road (SIRR). Rencananya pembangunan SIRR dilakukan sepanjang Sungai Bengawan Solo dari wilayah Jurug hingga Mojo, Kabupaten Sukoharjo.

“Usulan tentang pembuatan jalan lingkar luar dan jalan lingkar dalam ini sebenarnya sudah cukup lama dilakukan, namun kami baru bisa mematangkan rencananya tahun ini. Jika SIRR ini bisa diwujudkan, nantinya Solo akan memiliki jalan di tepian sungai terpanjang di Pulau Jawa,” pungkasnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge