0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disdik Wonogiri Siap Tambah Ruang Kelas

Ilustrasi sekolah (dok.timlo.net/agung)

Wonogiri – Hasil pemetaan Dinas Pendidikan (Disdik) Wonogiri ditemukan fakta kondisi ruang kelas SMP dan SMA sedikit lebih baik ketimbang SD. Pihak Disdik pun berencana menambah ruang kelas pada tahun anggaran 2015 mendatang.

Di Wonogiri tercatat ada 117 SMP negeri dan swasta dengan jumlah ruang kelas mencapai 1206 unit. Sementara untuk jenjang SMA ada 20 sekolah dengan 286 ruang kelas.

Pada 2010 hingga 2014 ini, khusus SMP terdapat 810 ruang baik, kategori cukup baik ada 183, kurang layak 137 dan tidak layak 76 unit. Setelah direhab menjadi 1152 unit ruang tergolong baik, cukup baik 49 unit dan kurang layak lima unit. Demikian pula untuk SMA, Berkondisi baik 222 unit, cukup baik 33 unit, kurang layak 24 unit dan tidak layak tujuh unit. Kini berkondisi baik 277 unit, cukup baik lima unit, kurang layak dua unit.

“Kemungkinan yang kondisinya kurang layak menjadi tidak layak karena faktor usia bangunan. Makanya kami terus melakukan pemetaan disertai rehab setiap tahun,” ungkap Kepala Seksi Sarana Prasarana Bidang SMP/SMA Disdik Wonogiri, Suwardi di ruangannya, Selasa (4/11).

Diterangkannya, suatu ruang kelas dikatakan kondisinya cukup baik jika terjadi kerusakan kecil. Di antaranya beberapa genting saja pecah atau keramik pecah beberapa buah. Kondisi kurang layak jika masih beratap asbes, namun berlantai keramik.

Soal lain, pihaknya berencana menambah ruang kelas baru, di jenjang SMA. Hal ini untuk meningkatkan angka partisipasi kasar atau perbandingan antara anak usia sekolah dengan jumlah siswa.

Pada 2015, direncanakan ada 12 ruang kelas baru tersebar di sejumlah SMA. Pembiayaannya melalui dana alokasi khusus sebesar Rp 2,2 miliar.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge