0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Boyolali Jadi Penyelenggara Bakti Pemuda Antar Provinsi

Disdikpora Boyolali siapkan Desa Batan, Kecamatan Banyudono,untuk penyelenggaraan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) 2014 (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Boyolali terpilih menjadi tempat penyelenggaraan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP) 2014 untuk wilayah Jawa Tengah. Sebanyak  20 peserta yang berasal dari lima provinsi akan hidup berbaur dengan masyarakat, untuk saling belajar tentang keberagaman.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Boyolali, Darmanto, Selasa (4/11) menjelaskan, program ini merupakan kelanjutan dari Jambore Pemuda Indonesia (JPI) yang digelar di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Untuk tahun ini, Provinsi Jawa Tengah berpasangan dengan empat provinsi lain, yakni Riau, Gorontalo, Maluku Utara, dan Kalimantan Tengah, untuk saling menerima dan mengirimkan masing-masing 20 delegasi pemuda untuk program BPAP. Untuk Jawa Tengah, pelaksanaan BPAP akan dihelat di Desa Batan, Kecamatan Banyudono, mulai 6 sampai 27 November mendatang.

“Pemilihan lokasi BPAP didasarkan dari survei, dimana Desa Batan punya potensi yang cukup untuk penyelenggaraan BPAP,” terang Darmanto.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta BPAP akan hidup berinteraksi dan berbaur dengan masyarakat secara langsung. Mereka akan tinggal di
rumah-rumah warga, sehingga warga dan peserta bisa secara intens saling mempelajari satu sama lain, baik adat istiadat, budaya, serta aspek lain.

“Mereka juga akan belajar tentang potensi-potensi yang ada di Desa Batan semisal keterampilan tangan, pertanian,seni masyarakat setempat dan sebagainya,” tambah Darmanto.

Ditambahkan, para pemuda tersebut diasah hidup dalam keberagaman adat dan budaya. Diharapkan kegiatan ini bisa mencetak pemuda yang berwawasan kebangsaan tinggi, bisa menerima dan mengaplikasikan keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge