0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Komunitas Sosialita Solo Gelar Seminar KDRT

Komunitas Sosialita Solo Gelar Seminar KDRT di Balaikota Solo (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Komunitas Sosialita Solo bekerjasama dengan Pemkot Solo menggelar seminar mengenai penghapusan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang melibatkan masyarakat, di Pendapi Gede Balaikota Solo, Selasa (4/11).

Dalam seminar yang dibuka Wakil Walikota Solo Achmad Purnomo tersebut, hadir sebagai nara sumber, Aktivis Lembar Belajar KDRT untuk
Sigap-Yogyakarta, Vera Kartika Giantari dan anggota DPR RI Okky Asokawati.

Dalam sambutannya Wakil Walikota Solo mengungkapkan, KDRT adalah tindakan yang harus dihindari dalam berumah tangga. Pria yang akrab disapa Pak Pur ini juga mengatakan, tindakan KDRT berasal dari kondisi emosional seseorang yang tidak terkontrol, sehingga bisa menyebabkan terjadinya pemaksaan, pemukulan, dan bahkan tindakan yang di luar akal sehat.

“Banyak sekali kita temui di masyarakat tindakan-tindakan serupa itu yang merupakan akibat dari emosi yang tidak terkontrol. Apalagi jika sampai melakukan tindakan kasar dan pemukulan, ini sungguh tidak bisa dibiarkan begitu saja, dan harus mendapatkan perlindungan hukum,” paparnya.

Sementara Sekjen Sosialita Solo, Irien S Notonegoro menyatakan, seminar tersebut diadakan guna menambah pengetahuan kepada ibu dan wanita. Dirinya berharap bahwa wanita Indonesia akan semakin cerdas dalam berpikir dan bisa mendapatkan pengetahuan tentang pendampingan hukum apabila mendapati kasus KDRT dalam lingkungan mereka.

“Sosialita ini selain sebagai wadah mewujudkan perempuan Indonesia yang berkualitas dan berkarakter, juga mempunyai kewajiban untuk turut mencerdaskan bangsa, khususnya didunia perempuan. Oleh karena itu kami menggelar seminar ini. Karena kasus-kasus KDRT seperti ini banyak ditemui di lingkungan masyarakat. Kami ingin supaya ibu-ibu ini menjadi mengerti bagaimana payung hukum yang melindungi perempuan dalam kasus KDRT,” ungkapnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge