0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Apakah Yahoo Indonesia Akan Ditutup?

Logo Yahoo. (Dok: Timlo.net/ Google Images)

Timlo.net—Yahoo dikabarkan akan melakukan perampingan dalam struktur bisnis internasional yang mereka miliki di luar Amerika Utara. Dikabarkan perampingan ini akan mempengaruhi kantor Yahoo di Asia, Eropa, Timur Tengah dan Afrika.

“Kami baru-baru ini akan melakukan kajian operasional yang mengusulkan perubahan cara tim kami dan bisnis yang terstruktur di wilayah Timur Tengah. Ini adalah bagian dari upaya kami untuk merampingkan operasi di wilayah tersebut dan menyetel kembali sumber daya dan investasi dengan cara mendirikan bisnis Yahoo di wilayah pada jalur pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata seorang juru bicara Yahoo, seperti dikutip dari Tech Crunch, Selasa (4/11/2014).

Gosipnya, kantor Yahoo di Ho Chi Minh, Vietnam akan ditutup pada kuartal ketiga 2014. sementara kantor Yahoo di Indonesia dan Malaysia akan ditutup pada 14 Desember 2014. Para pegawai di kantor-kantor itu akan terus bekerja hingga waktu penutupan.

Tapi sang juru bicara itu tidak mau berbicara soal penutupan kantor di Vietnam, Indonesia dan Malaysia dan juga apa yang akan terjadi di kantor-kantor Yahoo di Eropa. Beberapa sumber berspekulasi bahwa Yahoo berencana untuk memberhentikan pihak-pihak yang bertanggung jawab terhadap penghasilan perusahaan itu di kuartal keempat 2014. Pihak-pihak ini akan diberhentikan pada Januari 2015.

Yahoo sendiri belum mengkonfirmasi penutupan kantor-kantor di Indonesia, Malaysia dan Vietnam. Dan bila kabar ini memang benar maka penutupan di kantor Asia ini serupa dengan yang terjadi di Yordania. Kantor Yahoo di Yordania dibuat dari sebuah akuisisi yang dilakukan Yahoo dari sebuah portal lokal yang disebut Maktoob. Di Indonesia sendiri, Yahoo mengakuisisi layanan Koprol pada 2010.

Hal yang berbeda terjadi di India. Di sana beberapa teknisi ditawarkan untuk bekerja di kantor Yahoo di Kalifornia, Amerika Serikat (AS) setelah Yahoo memberhentikan 400 orang yang bekerja di kantor Yahoo di Bangalore. Penutupan-penutupan ini dikatakan karena penjualan yang tidak mencapai target.

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge