0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ekspor Ikan Indonesia Kalah Jauh Dengan Norwegia

Menteri Susi Pudjiastuti bersama Dubes Norwegia (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Ekspor ikan Norwegia melampaui kapasitas ekspor ikan di tanah air. Padahal di tahun 1980, Norwegia sama sekali belum melakukan ekspor.

Kini, nilai ekspor perikanan Norwegia menembus angka USD 10 miliar atau sekitar Rp 120 triliun.

uta Besar Norwegia untuk Indonesia Stig Traavik menjelaskan, keberhasilan negaranya adalah dengan mengembangkan bisnis perikanan menggunakan sistem aqua culture (budidaya-red). Jenis ikan yang dikembangkan Norwegia adalah salmon yang laku di pasaran dunia bahkan di Indonesia.

“Sekali lagi ikan itu sangat penting tidak hanya untuk ekspor tapi juga untuk konsumsi domestik,” katanya, Selasa (4/11).

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengaku kaget mendengar keterangan Stig. Jika dibandingkan dengan Indonesia, ekspor Norwegia terbilang cukup tinggi. Ekspor perikanan Indonesia hanya USD 4,19 miliar atau sekitar Rp 50 triliun per tahun.

Susi mengeluhkan, nilai ekspor perikanan Indonesia masih sangat kecil jika dibandingkan dengan luasnya wilayah laut. Ini karena, potensi kelautan Indonesia belum digarap secara maksimal.

Justru sebaliknya, negara asing yang banyak memanfaatkan potensi laut Indonesia.

“So yang dapat kamu lihat sekarang, Thailand, Taiwan, China, Malaysia how many square they have territory, and lihat berapa besar dia bisa ekspor? Dan bandingkan dengan Indonesia. Selisihnya itu sebenarnya milik kita. Tetapi tidak masuk lewat pintu kita. Jadi kita tidak tahu itu ikan kita,” tegasnya. [arr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge