0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mendengarkan Lagu Sedih Malah Bikin Bahagia?

Lagu "Moonlight Sonata" karya Beethoven bisa bantu atasi perasaan sedih. (Dok: Timlo.net/ CNET.)

Timlo.net—Saat orang merasa galau, kebanyakan orang akan mendengarkan musik sedih yang cocok dengan suasana hati mereka. Tapi berlawanan dengan kepercayaan umum yang ada bahwa musik sedih membuat kita merasa sedih (atau lebih sedih), sebuah penelitian baru mengatakan bahwa musik sedih justru membuat kita bersemangat.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal PLOS ONE itu dilakukan oleh Liila Taruffi dan Stefan Koelsch dari Free University of Berlin, Jerman. Dalam studi itu, mereka mensurvei 722 orang dari seluruh dunia, dan menyimpulkan bahwa mendengarkan musik sedih memiliki efek positif terhadap kesejahteraan emosi.

“Musik sedih memegang peranan terhadap kesejahteraan, dengan menyediakan penghiburan juga mengatur emosi dan mood negatif,” kesimpulan dalam penelitian itu.

Dengan kata lain, musik sedih menimbulkan sejumlah emosi positif yang kompleks, kata Taruffi dan Koelsch. Kebanyakan orang yang disurvei mengatakan bahwa respon emosional yang mereka rasakan saat mendengarkan musik sedih adalah perasaan bahagia, perasaan nostalgia, kerinduan sentimental untuk tempat atau waktu tertentu. Para responden juga melaporkan perasaan takjub yang positif, kedamaian, dan kelembutan. Dan seringkali mereka merasakan paling tidak tiga emosi setiap kali mereka mendengarkan musik jenis ini.

Penekanan penelitian itu bahwa musik sedih bisa menolong kita menyelesaikan sebuah masalah tertentu karena musik sedih memicu imajinasi kita, menolong kita memiliki cara-cara kreatif untuk menghilangan rasa sedih.

Penelitian tersebut juga mendiskusikan peran terapi musik dalam mengembangkan kesejahteraan emosional. Orang yang tidak stabil secara emosional secara khusus bisa mengalami manfaat dari terapi musik sedih. Orang-orang ini cenderung untuk menggunakan musik untuk mengatur emosi-emosi mereka, jadi manfaat emosi dari musik sedih bisa bertambah pada orang itu.

Lagu sedih yang populer di kalangan para responden ini adalah “Moonlight Sonata” karya Beethoven. Jadi sekarang bila Anda merasa galau, dengarkanlah musik-musik sedih. Siapa tahu mood Anda akan berubah.

Sumber: CNET.

 

Editor : Ranu Ario Kurniawan

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge