0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Batik Khas Karanganyar Siap Diproduksi Massal

Motif batik khas Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar ¬†— Busana batik hasil juara sayembara desain motif batik khas Karanganyar siap untuk segera diproduksi. Pasalnya, berdasarkan arahan Bupati Juliyatmono, pengerjaan busana tersebut ditargetkan rampung sebelum perayaan hari ulang tahun Karanganyar ke-97 mendatang.

Dikemukakan Kasubag Perencanaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Karanganyar, Agus Hariyanto, saat ini pengerjaan diawali dengan pembuatan pola.

“Kita diminta untuk membuat pola terlebih dahulu. Kemudian nanti Bupati akan mengumpulkan ratusan pengrajin batik dari Girilayu dan Gondangrejo yang secara khusus bakal diarahkan oleh Muhammad Qomar yang kemarin menjadi pemenang sayembara. Targetnya nanti 300 hingga 500 potong busana batik,” ungkap Agus ketika ditemui wartawan di kantornya, Selasa (4/11).

Dikatakannya, pihaknya bersama Qomar terus melakukan komunikasi secara intens dengan Bupati selama pembuatan busana batik tersebut. Selama kurang lebih sepekan, Bupati memberikan waktu guna pemantapan pola batik tersebut.

“Yang jelas selama satu pekan hingga 10 hari ke depan kita harus menyelesaikan pola terlebih dahulu. Kita juga menunggu arahan Bupati untuk proses selanjutnya,” sebut Agus.

Namun demikian, tenggat waktu yang tinggal beberapa pekan lagi tak urung membuat Muhammad Qomar, sang pemilik desain batik, memutar otak. Dirinya kemungkinan bakal menggunakan teknik printing guna mempercepat waktu apabila jumlah perajin batik yang terlibat sedikit.

“Tergantung nanti jumlah perajin batik nanti berapa. Bupati kemarin minta untuk menggunakan teknik batik tulis, namun kalau dengan printing sebenarnya juga lebih cepat. Nanti kita akan koordinasikan,” terang Qomar.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge