0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

540 Calon Tenaga Kerja Berebut Tiket ke Jepang

Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman memberi ucapan selamat kepada peserta Pelatihan Pra Pemberangkatan Tahap I Program Magang ke Jepang, beberapa waktu silam (dok.timlo.net/humas setda sragen)

Sragen — Sebanyak 540 calon tenaga kerja (Canaker) dari 35 kabupaten/kota di Jawa Tengah mengikuti seleksi untuk bisa magang ke Jepang. Seleksi dilaksanakan selama empat hari, mulai Senin (3/11) hingga Kamis (6/11), di Sragen Technopark. Selama ini Jepang menjadi incaran banyak tenaga kerja terlatih dan trampil dari Sragen.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Sragen Sarwaka mengatakan, dari seluruh peserta itu, jumlah Canaker dari Sragen yang ikut dalam seleksi sekitar 80-an orang.

“Para peserta berasal dari lembaga pendidikan ketrampilan yang ada di Jawa Tengah,” kata Sarwaka ketika ditemui wartawan.

Sarwaka menerangkan, pada hari pertama, mereka menempuh tes kesamaptaan, pada hari kedua tes matematika. Ujian hari ketiga berupa tes fisik berupa lari sejauh 7,5 km, push up 25 kali dan shit up 30 kali. Kemudian pada hari ke empat adalah tes wawancara.

Lebih lanjut Sarwaka mengatakan, tidak ada kuota tertentu dalam seleksi magang ke Jepang itu, karena yang lolos seleksi akan berangkat ke Jepang.  “Kalau misalnya 540 orang itu lolos semua, ya semuanya berangkat ke Jepang,” pungkasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge