0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

KAI Siap Ubah Tiket KA Lokal

KA KALIJAGA-Kereta Api (KA) Kalijaga yang melayani rute Solo-Semarang pergi pulang (PP). Kereta ini diluncurkan di Stasiun Purwosari Solo, Sabtu (15/2) (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana mengganti sistem ticketing pada KA lokal dari tiket cetak dengan printer dotmatrik menjadi print thermal berbentuk struk. Penggantian ini bertujuan mengurangi antrean penumpang di stasiun saat melakukan pembelian secara langsung.

Manager Corporate Communication PT KAI Daop VI Yogyakarta, Bambang S Prayitno dalam keterangan persnya, Senin (3/11), mengatakan jika perubahan ini dilakukan setelah pihaknya melakukan evaluasi penggunaan tiket dotmatrik kurang efektif dalam memberikan pelayanan. Ini karena waktu digunakan terlalu lama.

“Untuk printer dotmatrik membutuhkan waktu sekitar 14 hingga 15 detik, sedangkan untuk print thermal hanya sekitar satu atau dua detik pertiketnya. ┬áSehingga akan mempercepat pelayanan di loket serta dampaknya dapat mengurangi panjang antrean,” jelasnya.

Bambang S Prayitno menyampaikan cetak tiket thermal diberlakukan mulai 8 November 2014 untuk KA lokal seperti Prambanan Ekspres, Sriwedari serta Madiun Jaya.

“Lokasi loket penjualan tiket tidak ada perubahan, tetap sama seperti sebelumnya yaitu di Solo Balapan, Purwosari, Klaten, Stasiun Kutoarjo, Jenar, Wates, Yogyakarta Tugu dan Lempuyangan serta Maguwo,” urai.dia

Adapun untuk strategi menjamin keamanan, pihak manajemensudah mempersiapkan beberapa langkah antisipasi agar tidak disalahgunakan atau dipalsukan oknum tak bertanggung jawab.

“Tiketnya sendiri dilengkapi dengan logo PT KAI, serta pemasangan barcode dan kertas khusus pada tiket yang memiliki ukuran 8×9 centimeter,” pungkas Bambang S Prayitno.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge