0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPBD Karanganyar ‘Panen’ Kebakaran

Kebakaran (Dok. Timlo.net/Nanang Rahadian)

Karanganyar – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar ‘panen’ kebakaran  dalam dua hari ini. Serangkaian peristiwa kebakaran terjadi mulai dari kebakaran semak-semak hingga kebakaran hutan di kawasan Gunung Lawu, sedangkan Senin (3/11) dini hari sebanyak enam rumah dan toko (Ruko) di Pasar Karangpandan juga ludes dilalap si jago merah.

Kepala Pelaksana Harian BPBD Karanganyar, Aji Pratama Heru, mengatakan meski pihaknya disibukkan dengan berbagai kejadian, namun hampir semua dapat diatasi tanpa hambatan.

“Sejak Minggu pagi, ada kebakaran di petak 63 Gunung Lawu seluas 15 hektar. Selepas kami kirim petugas untuk isolasi api agar tak menjalar ke sumber air, pada saat yang sama kami harus mengevakuasi pejabat asal Sragen yang sakit di Pos 2,” urainya.

Belum usai, kebakaran di kawasan Grompol akibat pembakaran sampah terjadi pukul 18.30, Minggu (2/11). Petugas pun bahu-membahu memadamkan api berpotensi menjalar ke perumahan warga.

“Pukul tiga pagi kembali kami mendapat informasi terjadi kebakaran di pasar Karangpandan. Kerusakannya cukup berat dan menimbulkan kerugian puluhan juta rupiah. Warga juga segera meresponnya,” jelas Heru.

Di sisi lain, maraknya peristiwa kebakaran bukan tanpa sebab. Angin peralihan dari musim kemarau ke penghujan wajib diwaspadai sebab tergolong memiliki hembusan kencang.

“Angin pancaroba itu cukup kencang. Misalnya di Lawu juga seperti itu, bara yang sudah tertimbun saja kena angina bisa menyala kembali, maka kami mengimbau warga ekstra waspada dengan aktivitas rawan pemicu kebakaran,” terangnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge