0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tatib DPRD Solo Disahkan

Nama Banleg Diubah Jadi Badan Pembentuk Perda

Ketua Badan Pembentuk Peraturan Daerah (BP2D) DPRD Solo, Putut Gunawan (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Nama Badan Legislasi (Banleg) DPRD Solo bakal diubah menjadi Badan Pembentuk Peraturan Daerah (Perda). Perubahan nama itu diatur dalam Peraturan DPRD Solo tentang Tata Tertib (Tatib) DPRD, disahkan dalam Rapat Paipurna DPRD Solo, Senin (3/11).

Ketua Panitia Khusus (Pansus) Perubahan Tatib, Putut Gunawan, mengatakan perubahan nama Banleg itu menyesuaikan dengan Undang-undang No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Di sana diatur peran dan fungsi DPRD. Fungsi legislasinya diganti. Bukan lagi fungsi legislasi, tetapi fungsinya melakukan pembentukan Perda. Jadi direduksi menjadi urusan daerah. Kalau istilah legislasi seakan-akan memiliki kesamaan dengan pembuat UU di DPR RI,” katanya kepada wartawan, usai Rapat Paripurna Dewan di gedung dewan.

Meski ada perubahan nama, Putut memastikan tak ada perubahan alur dan mekanisme penyusunan Perda. Perubahan nama itupun muncul di saat-saat akhir pembahasan Pansus, setelah Pansus melakukan konsultasi ke Kementerian Dalam Negeri.

“Nanti (perubahan nama itu) akan kami sampaikan ke pimpinan DPRD. Mekanisme perubahannya seperti bergantung hasil rapat pimpinan. Kalau dulu (pembentukan Banleg) lewat paripurna, mestinya perubahan nama ya melalui rapat paripurna,” tutur politisi PDIP ini.

Sementara Ketua DPRD Solo, Teguh Prakosa, mengatakan perubahan nama Banleg itu nanti diumumkan dalam Rapat Paripurna DPRD.

“Ya nanti diumumkan saja, nama Banleg menjadi Badan Pembentuk Peraturan Daerah,” ujarnya.

Editor : Andi Penowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge