0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Atap Sekolah Ambrol, Siswa SD Belajar di Rumah Warga

Kondisi atap SD Negeri Kalikobok 1 Tanon, Sragen yang rusak (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Tiga ruang kelas Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Kalikobok, Kecamatan Tanon, Sragen diketahui rapuh dan tak layak digunakan.  Pasalnya, atap di tiga ruang itu ambrol sejak beberapa waktu lalu. Aktivitas belajar mengejar para siswa terganggu, sehingga sejumlah siswa
terpaksa belajar di rumah warga.

Dari pengamatan di lapangan, atap plafon pada teras ruang perpusatakaan sekolah tersebut.sudah dalam kondisi berlubang dan terlepas. Tapi jika diperhatikan dari luar ruang kelas, sekolah ini masih terlihat baik. Namun apabila diperhatikan seksama dan dikdekati  ternyata tiga ruang sekolah tersebut dalam kondisi memprihatinkan.Selain tembok kelas telah retak, atapnya juga terlihat berlubang akibat kayu penyangga atap tersebut sudah rapuh dan tak layak digunakan.

Wakil Kepala SDN 1 Kalikobok, W Krisnanto menjelaskan, kerusakan ruang kelas tersebut sudah terjadi beberapa bulan lalu. Pihaknya terpaksa mengosongkan dua ruang kelas. Sementara, proses belajar siswa kelas 5 dan 6 menempati ruang kelas 2 dan 3. Sedangkan siswa kelas 2 dan 3 untuk sementara mengikuti proses belajar mengajar di salah satu rumah warga yang berada tepat di depan sekolah.

“Untuk kelas yang jumlahnya lebih sedikit dipindah ke rumah warga yang bersedia menyiapkan tempat untuk belajar siswa,” kata Krisnanto.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan (Disdik) Sragen Kusmanto, Senin (3/11), menjelaskan, pihaknya sudah menerima laporan terkait rusaknya atap di SDN 1 Kalikobok. Dikatakan, kerusakan itu sudah diusulkan ke pemerintah pusat untuk mendapatkan perbaikan.

“Sudah diusulkan ke pusat, sudah ada antisipasi. Selain itu, juga sudah ada sosialisasi terkait perbaikan. Mudah-mudahan segera diperbaiki,” ujarnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge