0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rina Iriani Punya Kekayaan Tak Wajar Rp. 15 Miliar

Rina Iriani (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Timlo.net – Mantan Bupati Karanganyar, Rina Iriani diuga memiliki harta kekayaan tidak wajar sebesar Rp. 15 Miliar. Fakta itu terungkap saat Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Semarang, Dwiarso Budi memeriksa saksi Direktorat Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Dias A Diasma.

Dias mengaku, dalam hasil auditnya menemukan total transaksi tidak wajar senilai Rp 15 miliar. Temuan itu didapatkan selama Rina Iriani masih menjadi penguasa di kabupaten lereng Gunung Lawu hingga dua periode berturut-turut mulai 2003-2013.

“Uang Rp 15 miliar itu tersebar di 101 transaksi mencurigakan. Kami juga menemukan transaksi tak wajar berupa uang dollar senilai 414.755 dollar,” kata Dias, Senin (3/11).

Rina Iriani juga diketahui tidak melaporkan 32 rekeningnya selama menjadi penyelenggara negara. Diantaranya, rekening tersebut atas nama suami dan anaknya. Diketahui pula, ke-32 rekening itu ada yang aktif dan pasif.

Lebih jauh, Dias menguraikan, rekening-rekening itu mayoritas disimpan dalam Bank Jateng dan BCA.

“Setelah kami menemukan hal itu, langsung kami laporkan ke Kejati Jateng,” urainya.

Di luar temuan itu, KPK juga menemukan sejumlah investasi tanah milik Rina Iriani di beberapa titik jalan raya di Karanganyar. Dias menyebut, tanah milik Rina ada di sekitar Jalan Tasikmadu, dan beberapa lokasi lainnya.

“Kami juga menemukan dua jenis usaha milik Bu Rina berupa salon kecantikan,” urainya.

Menanggapi hal itu, Rina Iriani mengungkapkan, kurang memahami apakah 32 rekening yang dibeberkan dalam sidang kasusnya itu apakah deposit atau tabungan.[hhw]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge